Bisa Bangkitan Sepakbola Medan, Wali Kota Serius Benahi Stadion Teladan

/

/ Selasa, 05 Oktober 2021 / 12.15 WIB

 

MEDAN-PILAREMPAT.COM | Tidak hanya fokus dengan lima program prioritas utama, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga menaruh perhatian serius terhadap Stadion Teladan Medan. Bahkan, bukan hanya sarana dan prasarana, orang nomor satu di Pemko Medan tersebut juga ingin PSMS Medan kembali berjaya lewat upaya pembenahan yang akan dilakukan sejalan dengan revitalisasi stadion kebanggaan warga Kota Medan yang dibangun tahun 1951 tersebut.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Bobby Nasution lebih dahulu mengalihkan kewenangan  penanganan Stadion Teladan  yang sebelumnya dikelola  Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan kini dialihkan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Hal ini dilakukan Bobby Nasution agar Pemko Medan bisa mendapatkan bantuan anggaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

“Langkah pertama kita adalah mengalihkan dahulu kewenangan pengelolaan sarana dan fasilitas olahraga yang selama ini dikelola DKP ke Dispora. Ini sudah kita limpahkan semuanya. Biar pun anggarannya bisa dari Dispora, tapi untuk mendapat bantuan selama ini gak bisa. Artinya, Kemenpora tidak bisa memberikan bantuan ke DKP,” kata Bobby Nasution saat meninjau pembetonan Jalan Veteran baru-baru ini.


 
Jika ingin mengajukan perbaikan Stadion Teladan, jelas Bobby Nasution, dapat diajukan ke Kemenpora. Selanjutnya, imbuhnya, Kemenpora memberikan anggarannya ke Dispora Kota Medan. “Jadi, dengan begitu bisa kita perbaiki. Ini cara kita agar pengelolaan dan pembenahan Stadion Teladan dapat dilakukan dengan tidak menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD,” ungkapnya.

Bobby juga mengaku, akan selalu mensupport dan mendukung kemajuan dunia olahraga di Kota Medan termasuk PSMS Medan yang dikenal dengan julukan Ayam Kinantan tersebut.

“Ini kontribusi kita agar PSMS juga dapat bermain dengan nyaman. Untuk itu kita akan selalu support, salah satunya lewat pembenahan Stadion Teladan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadispora Kota Medan, Pulungan Harahap mengatakan, pihaknya telah mendata sarana olahraga yang ada seperti Stadion Teladan dan Kebun Bunga di Jalan Candi Borobudur Medan. Selain itu, lanjut Pulungan, ditambah lagi dengan 7 sarana olahraga berupa lapangan sepak bola di 7 kecamatan.

“Sesuai instruksi Pak Wali, bagaimana agar sarana olahraga yang ada ini bisa dinikmati oleh masyarakat. Untuk itu, kami data dalam rangka penataan,” bilang Pulungan, Jumat, (1/10/2021).

Perawatan Stadion Teladan

Khusus untuk Stadion Teladan, ungkap Pulungan, akan mulai dilakukan perawatan seperti pengecatan. Terlebih, dalam rangka persiapan Liga 2 Indonesia putaran kedua yang mulai bergulir 1 November mendatang, sehingga Kota Medan dapat menjadi tuan rumah sesuai yang diharapkan Bobby Nasution agar  PSMS Medan masuk dalam 8 besar. Oleh karenanya, pengerjaan akan terus dikejar.

“Waktunya kan sebulan lagi, itu yang kita kejar. Untuk Stadion Teladan saja di P-APBD 2021 sudah dianggarkan sebesar Rp. 1 miliar. Terbilang tidak banyak, namun akan kita optimalkan untuk penataan lapangan, pengecatan, penataan listrik, lampu dan perbaikan ruangan-ruangan yang ada di Stadion Teladan,” imbuhnya.

Peralihan kewenangan pengelolaan dari DKP ke Dispora, tambah Pulungan, agar Kemenpora RI dapat membantu Pemko Medan dalam pembenahan  Stadion Teladan. Bahkan, saat ini, Detail Engineering Design (DED) nya juga tengah dipersiapkan.

“Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Pak Wali terhadap dunia olahraga termasuk  bagi PSMS Medan agar dapat kembali Berjaya,” imbuhnya. [P4/sya]


Komentar Anda

Berita Terkini