-->

Menghadapi Akhir Tahun 2021: KPPN Lhokseumawe Adakan Sosialisasi

/

/ Jumat, 15 Oktober 2021 / 12.14 WIB

 


LHOKSEUMAWE--PILAREMPAT.COM |  Menghadapi akhir tahun anggaran 2021 , Kantor  Pelayanan Perbendaharaan negara (KPPN)  Lhokseumawe mengadakan kegiatan sosialisasi   Kamis (14/10) yang berlangsung  di aula KPPN Lhokseumawe.

KPPN Lhokseumawe mengadakan Sosialisasi  tentang Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-9/PB/2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara.

Kegiatan  sosialisasi ini   diikuti  oleh  seluruh satker mitra kerja KPPN Lhokseumawe.

Sosialisasi diselenggarakan secara hybrid,sementara  sebanyak 12 satker hadir langsung pada Aula KPPN Lhokseumawe dan sisanya mengikuti secara online melalui aplikasi zoom meeting. 

 Kepala KPPN Lhokseumawe, Semfebri Marihot Simbolon, S.E., M.B.A.,dalam sambutannya  menyampaikan bahwa langkah-langkah menghadapi akhir tahun anggaran sudah dimulai sejak bulan Oktober 2021. 

Kegiatan sosialisasi ini  dilakukan selain untuk mengurangi penumpukan pengajuan tagihan oleh satker di bulan Desember, juga untuk meningkatkan akuntabilitas dan kualitas pengelolaan keuangan negara.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut  materi sosialisasi disampaikan oleh Pejabat Fungsional PTPN Terampil, Sapril Wanto Manik.

 Dalam pemaparannya, Satker diminta agar memperhatikan tanggal-tanggal penting seperti batas-batas pengajuan SPM ke KPPN mulai dari bulan Oktober 2021 hingga bulan Januari 2022 sesuai jenis SPMnya, pendaftaran data kontrak, permohonan persetujuan TUP, penyetoran sisa UP/TUP hingga pelaksanaan rekonsiliasi keuangan sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran di tahun 2021.  

Sapril juga mengingatkan bahwa hari ini (Selasa, 14 Oktober 2021) adalah batas terakhir pengajuan SPM LS Kontraktual yang pembuatan BAST termasuk BAPP pembayaran per termin sampai dengan 30 September 2021. 

Di akhir pemaparan, diharapkan satker dapat mematuhi ketentuan yang telah diatur dalam pedoman pelaksanaan anggaran hingga akhir tahun untuk mewujudkan tatalaksana anggaran yang akuntabel dan berkualitas.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan  kegiatan  quiz dengan hadiah yang menarik untuk memeriahkan suasana dan menguji pemahaman para peserta tentang materi yang telah disampaikan.(P.4/mzky)

Komentar Anda

Berita Terkini