Mutakhirkan Data Pemilih, KPU Sumut Minta Dukungan Gubsu

/

/ Selasa, 07 September 2021 / 08.49 WIB

 

MEDAN, PILAREMPAT.COM |   Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut bersama KPU 33 kabupaten/kota, saat ini terus melakukan pemutakhiran data pemilih.

Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin kepadanya wartawan seusai menemui Gubsu, H. Edy Rahmayadi ketika ditemui di KPU Sumut, Senin (6/9/2021) mengutarakan data pemilih saat ini tidak lagi dimutakhirkan secara periodik saja tapi sesuai peristiwa kependudukan yang terjadi. 

Bila ada pemilih yang meninggal bisa langsung dicoret dan tidak menunggu tahapan pemilihan dan pemilu pada 2024 mendatang. Begitu juga ketika ada penduduk yang berusia 17 tahun bisa langsung ditambahkan ke dalam data pemilih. 

"Selama ini terkait pemutakhiran data pemilih progresnya agak kurang makanya kita berharap ada support dari Pemprov Sumut," paparnya. 

Ia mengatakan, dalam proses pemutakhiran ini KPU harus didukung lintas intansi semisal Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Lalu juga Dinas Pemerintahan Desa, juga Dinas Pendidikan (Disdik). Serta tak lupa juga Kodam I/BB dan Polda Sumut. 

Di Disdik ada catatan soal anak SMA yang berusia 17 tahun. Di Pemdes ada sistem administrasi pemerintahan desa. Data pemilih ini menurutnya, tidak statis baik dari jumlah dan individunya.

"Seharusnya kita bisa memanfaatkan waktu kurang dua tahun untuk kita bisa mendeteksi itu semua. KPU yang jelas tidak bisa jalan sendiri supaya tingkat kerumitan data pemilih ini bisa diurai dan harus disupport Pemda. Mudah-mudahan 2024 tidak ada persoalan pemilih siluman, pemilih hantu, tidak ada lagi. Itu yang harus diurai," jelasnya. 

Selain itu, mantan Koordinator Kontras ini mengatakan, mereka juga menyampaikan soal progres Desa Peduli Pemilu. Selama ini, karena keterbatasan anggaran yang dibiayai APBN hanya ada dua Desa Peduli Pemilu yang ada di Sumut yakni di Kabupaten Deliserdang. 

"Kita kepingin diperbanyak desanya makanya kita minta support. Tadi Pak Gubernur sudah merespon dengan baik, mungkin dalam waktu dekat kita akan ada MoU terkait pemutakhiran data pemilih dan desa peduli pemilu," jelasnya sembari mengutarakan dalam pertemuan dengan Gubsu, KPU Sumut meminta dukungan Gubernur terhadap dua hal, pertama, soal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan terkait Desa Peduli Pemilu. [P4]

Komentar Anda

Berita Terkini