Paul Mei Anton Ajak Masyarakat Jangan Takut Laporkan Pungli dan Beberkan Bangunan Tanpa IMB

/

/ Jumat, 02 April 2021 / 18.08 WIB

 

MEDAN-PILAREMPAT.COMAnggota DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak mengajak masyarakat melaporkan bila menemukan adanya pungutan liar (pungli) pada pengurusan KIR kendaraan, penguburan, menjadi kepling, mengurus SK camat, membuat kuasa waris dan ahli waris, mengurus perizinan dan lainnya.

“Jika ada menemukan aksi pungli, segera melaporkannya ke DPRD Medan atau langsung lapor ke saya untuk ditindaklanjuti,” kata Paul Mei Anton Simanjuntak kepada wartawan, Kamis (25/02/2021). Paul mengatakan mindset (cara berpikir) semua urusan di Pemko Medan mesti memakai uang harus dibersihkan.

“Masyarakat sudah harus berani melaporkan jika ada menemui atau mengalami pungli dari oknum-oknum yang mengaku bisa membantu dalam urusan administrasi dan lainnya,” katanya.

Kata Paul, seperti informasi yang diterimanya dari masyarakat di Kecamatan Medan Perjuangan, masyarakat mengeluhkan saat hendak mengurus admnistrasi kependudukan karena ada saja oknum mulai dari kelurahan sampai kecamatan yang seakan memperlambat urusan, sehingga warga putus asa dan akhirnya mengambil jalan pintas dengan jasa oknum-oknum yang mengaku mampu mengurus.

Ada juga dugaan tarif yang bombastis untuk pengangkatan kepala lingkungan dibadrol Rp10 juta sampai Rp30 juta.

“Ini yang harus diperbaiki. Agar pungli dapat dibersihkan di Kota Medan,” terangnya.

Paul juga menyoroti kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan yang dinilai lemah dalam pengawasan.

Dia mencontohkan Satpol PP Kota Medan di bawah pimpinan M Sofyan tidak ada keberanian dalam melaksanakan tugasnya sebagai penegakan perda. Alhasil banyak bangunan menyalah dan tidak memiliki IMB.

“Termasuk juga belum dibongkarnya bangunan yang berdiri di atas saluran drainase di Jalan Industri/Jalan Gagak Hitam dan ini dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan surat pembongkaran juga sudah diturunkan, namun sampai saat ini belum ada penyelesaian,” kata politisi PDIP ini.

Paul berharap Wali Kota Medan terpilih dapat mengubah semua ketidakberesan di Kota Medan. “Ini harapan kita kepada pemimpin baru Kota Medan,” katanya. (P4/sya)

Komentar Anda

Berita Terkini