Inflasi Desember 2020 di Lhokseumawe 0,36 Persen

/

/ Minggu, 13 Desember 2020 / 14.29 WIB

 


Aceh Tengah --Pilarempat.com | Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Lhokseumawe memperkirakan pada Desember 2020 inflasi di Kota lhokseumawe pada kisaran 0,36-0,82 persen,karena dipengaruhi terbatasnya  pasokan dan ekspektasi mobilitas pada libur akhir tahun yang meningkat.

 

Hal itu disampaikan Kepala BI Lhokseumawe, Yukon Afrinaldo pada acara High Level Meeting TPID Kota Lhokseumawe   terkait perkembangan inflasi dan rencana kerja 2021 mengacu roadmap TPID, Sabtu 12 Desember 2020 yang berlangsung di Grand Bayu Hil, Takengon Aceh Tengah  yang diikuti Tim pengendali inflasi daerah (TPID).

 

Menurut Yukon ,kisaran inflasi capai 0,36 persen disebabkan akan terjadi kenaikan permintaan barang sehubungan kenduri maulid, musim hujan memperpendek masa simpan tanaman holtikultura dan lain lain .

 

Selain itu kepala BI Lhokseumawe juga menyampaikan tentang beberapa hal penyumbang inflasi Lhokseumawe di triwulan empat. Berdasarkan data top 10 andil inflasi di Kota Lhokseumawe periode Oktober -Desember 2017-2019 diketahui ,komoditas yang perlu menjadi perhatian pada akhir tahun 2020 yaitu ikan tongkol,udang basah,beras ,bawang merah,daging dan ayam ras.

 

Pada tempat yang sama Sabtu 12 Desember 2020, sekitar pukul 16.00 wib BI juga menggelar kegiatan strategi pengendalian inflasi melalui Kerja Sama Antar Daerah (KAD) yang diikuti bupati dan walikota se Aceh. Pertemuan tersebut dipimpin kepala Bank Indonesia (BI) Aceh, Achris Sarwani  didampingi Kepala BI Lhokseumawe, Yukon Afrinaldo.

 

Dalam pertemuan tersebut dibahas kerjasama antar daerah dalam pembelian barang dalam pengendalian inflasi .Untuk kerjasama antar daerah perlu dukungan infrastruktur antara lain jalan dan sarana pendukung lainnya ,hal itu disampaikan sejumlah bupati dan walikota. (P.4/zky)


Komentar Anda

Berita Terkini