Inkubator Bisnis Universitas Malikussaleh Magang ke Finlandia

/

/ Selasa, 22 Oktober 2019 / 12.20 WIB

Pengelola Inkubator Bisnis Unimal Propinsi Aceh , Dr Ibrahim Qamarius bersaa 18 pengelola incubator lainnya seluruh Indonesia berfoto bersama setelah mengikuti suatu acara di Finlandia, Senin 21 Oktober 2019. Foto (P.4/zky).

PILAREMPAT.COM, LHOKSEUMAWE | Pengelola Inkubator Bisnis  Universitas Malikussaleh  (Unimal)  Propinsi Aceh bersama 19  pengelola Inkubator Bisnis dari seluruh Indonesia melakukan magang di Finlandia dari taggal 21-26 Oktober 2019.
Pengelola Inkubator Unimal, Dr Ibrahim Qamarius  dari Finlandia kepada PILAREMPAT.COM Senin ,21 Oktober 2019 mengatakan, Inkubator Bisnis Unimal  mendapatkan  Hibah Fasilitas Pengembangan Kelembagaan Inkubator Bisnis 2019 dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berkesempatan magang Internasional di Finlandia (Finland Internship Training).
Magang Internasional  di Finlandia tersebut  didampingi oleh beberapa pejabat dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI). Dengan demikian  rombongan  yang berangkat  ke Finlandia berjumlah 23 orang. Dimana dari Inkubator Bisnis Unimal dihadiri oleh Ketua Inovasi dan Inkubator Bisnis , Dr Ibrahim Qamarius, ujarnya.
Dijelaskan Ibrahim Qamarius, selama di  Finlandia  para pengelola inkubator bisnis dan pendaping akan melakukan kunjungan  ke beberapa inkubator bisnis dan Science tehnopark yang ada di Finlandia. Selain itu akan melakukan  serangkaian pertemuan bisnis dengan pengusaha dan investor di Finlandia.
 Dikatakan pengelola Inovasi dan incubator Unimal , selama enam  hari di Finlandia  rombongan dari Indonesia itu akan mengunjungi  Helsinki , Business and Science Park (Science Park and incubator), mengunjungi Business Jyyaskyila/Central Finland Chamber Of Commence (government  Institution), mengunjungi Sstartup Lab-University of Jyyaskyia/Jamk Startup Generator-Jyyaskyla University, menghadiri Kasvu Open Kamevaal (Startup Event/startup visit case 1 dan 2),  mengjunjungi Jyyaskyla Business innovation Factory (Startup community), mengunjungi Bio Energy Park (Energy Park and incubator), melakukan beberapa diskusi interaktif yang  difasilitasi oleh findolainen Busisness Hub Ltd (Business  Management Consulting).
Finland internship Training  tersebut merupakan salah satu kegiatan terakhir dari kegiatan hibah fasilitasi pengembangan kelembagaan inkubator bisnis dari Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga penunjang lainnya, Direktorat Jendral Kelembagaan Ilmu Pengetahuan  dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti tahun 2019.
Ditambahkan Ibrahim, setelah itu telah dilakukan  pendampingan intensif, Focus Group Discussion (FGD), Business Macthing dan beberapa kegiatan lainnya, dari  kegiatan tersebut telah melahirkan output antara lain penyusunan Action plant dan business plant incubator bisnis, membuat business Model Canvas (BMC), menyusun 12 standard Operating procedure (SOP), penyusunan proposal tenant, dan lain lain. (P.4/Zky).

Komentar Anda

Berita Terkini