1200 ASN Pemko Medan Ikuti Pengambilan Sumpah Janji

/

/ Rabu, 02 Oktober 2019 / 04.44 WIB
 

 Pilarempat.com,Medan |  Sebanyak 1.200 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan mengikuti Pengambilan Sumpah Janji  di  Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Jalan Setia Budi Medan, Selasa (1/10/2019). Pengambilan sumpah janji dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban ASN agar melaksanakan tupoksinya sebagai abdi negara danabdi masyarakat dengan sungguh-sungguh sesuai aturan yang berlaku.
              
Prosesi pengambilan sumpah janji diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa.  Kemudian Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD&PSDM) Kota Medan Muslim Harahap mengambil sumpah janji seluruh ASN didampingi para rohaniawan.
              
 Usai pengambilan sumpah janji dilakukan dilanjutkan dengan penandatangan berita acara yang diwakili dua ASN secara simbolis. Setelah itu Muslim menyampaikan sambutan tertulis Wali Kota kepada seluruh ASN.  Dikatakannya, pengambilan sumpah janji ini bertujuan untuk membina dan menciptakan ASN yang bersih, jujur dan berwibawa serta sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat

“Dengan demikian akan terbentuk ASN yang berintegritas dan takut tidak hanya pada peraturan tapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Muslim.

Kemudian Muslim mengingatkan, ASN memiliki arti yang sangat strategis dan memiliki peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggara pemerintahan dan pembangunan. Selain itu ASN juga menjadi kader dalam birokrasi yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan. Oleh  karenanya ASN  diharapkan dapat mewujudkan good governace lewat dedikasi, tanggungjawab dan loyalitas dalam berkerja.

Muslim selanjutnya berpesan kepada seluruh ASN agar menjalankan tupoksinya dengan senantiasa mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan penuh tanggungjawab serta meningkatkan kemampuan dan kualitas diri, kemampuan dan keterampilan guna mendukung kinerja di lingkungan kerja masing-masing.

"Sumpah janji yang telah diucapkan harus diimplementasikan dengan sebaik-baiknya. Sebab, sumpah janji merupakan tanda kesanggupan menjalankan amanah kepada atasan. Di samping itu  ada Tuhan yang menjadi tempat pertanggungjawab tertinggi bagi kita yang hari ini dipercaya menjadi seorang ASN. Niatkan dalam diri bekerja untuk masyarakat dan lakukan semuanya dengan terukur dan terarah sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku," pesannya.

Muslim kemudian menekankan, ASN harus siap dan sigap untuk melakukan dan memberikan yang terbaik guna mendukung percepatan pembangunan Kota Medan. Sebab, ASN menjadi ujung tombak dan garda terdepan keberhasilan pembangunan kota yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat yang dapat dirasakan secara adil dan merata.

"Status ASN yang hari ini bapak ibu sandang harus dimaknai dengan penuh syukur. Cara bersyukur itu hendaknya ditandai dengan bekerja sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat. Jadilah pelayan masyarakat yang penuh dedikasi sehingga mereka merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah mereka. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberikan kekuatan dan kelancaran bagi kita untuk mengabdi bagi masyarakat dan negara," pungkasnya. (P4/sya)

Komentar Anda

Berita Terkini