Sambut Tahun Baru Islam 1441 H,Sekira 7.000 Jemaah Hadiri Tabligh Akbar & Dzikir Bersama

/

/ Minggu, 01 September 2019 / 03.10 WIB

  

  
Pilarempat.com, Medan |    Sekitar 7.000  orang umat Muslim Kota Medan direncanakan akan menghadiri  Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama  yang digelar Pemko Medan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H di Lapangan Merdeka, Medan,  Minggu (1/9), sekitar pukul 08.00 WIB.  KH  Muhammad Cholil Nafis Lc MA PhD  dari Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) akan memberikan tausiah.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kabag Agama Adlan menyampaikan hal ini  dalam talk show bertajuk Pembangunan Kota Medan terkait menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H, di INews TV Jalan Intertip, Komplek Wartawan Medan, Jumat (30/8/2019)


Adlan mengungkapkan, Pemko Medan dari tahun ke tahun selalu menanamkan motivasi pada masyarakatnya bahwa Medan Rumah Kita. Dikatakannya, pembangunan Kota Medan perlu mental yang kuat dalam menjalankan peradaban. Karenanya, harus dilakukan pembangunan  mental yang baik dan kuat.

Kemudian  Adlan mengatakan, Nabi Muhammad SAW menjadi contoh dan suri tauladan yang baik. Apa yang dilakukan Nabi Muhammad dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya peringatan Tahun Baru Islam dapat dijadikan momentum untuk membangun pola pikir dan tingkah laku yang lebih ba

“Selain itu kami juga berharap agar masyarakat Kota Medan bersama-sama ikut membangun Kota Medan yang kita cintai ini menjadi kota masa depan multikultural, berdaya saing, humanis, religius dan sejahtera,” kata Adlan.

Guru besar UINSU Prof Dr Syahrin Harahap MA dalam talk show menjelaskan, umat Islam menyambut sekaligus memperingati  Tahun Baru Islam 1441 H yang jatuh, Minggu (1/9), guna mengingat peristiwa hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW dari Kota Mekkah menuju Kota Madinah.

"Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ini menjadi kebangkitan Islam yang mengandung semangat perjuangan umat agar lebih meningkatkan ketakwaannya terhadap Sang Pencipta Allah SWT," jelas Syahrin.

Kemudian Syahrin melanjutkan, Islam merupakan agama rahmatan lil alamin dan terbuka. Artinya, agama Islam terbuka dan global karena implikasi nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sepanjang zaman.  Dalam peringatan 1 Muharam ini, jelasnya,  ada 3 kategori yang paling penting untuk dimaknai yakni iman, hijrah dan jiha

"Masyarakat Kota Medan harus lebih baik lagi. Sebagai contoh apabila Kota Medan ada masalah terkait dengan pembangunan yang dilakukan, maka masyarakatnya harus ikut berhijrah dan berjihad untuk membangun Kota Medan menjadi lebih baik lagi. Jadi kita juga harus bertarung dalam memperbaiki Kota Medan sehingga menjadi kota yang disegani kota lainnya," terangnya.

Sedangkan Wakil Ketua Umum MUI Kota Medan, Dr H Hasan Matsum MAg memaparkan, proses hijrah itu bukan hanya berpindah pada satu tempat ke tempat lain. Namun momen hijrah itu menjadi tolak ukur dalam memperbaiki tingkah laku manusia menuju yang lebih baik. Begitupun dalam pembangunan Kota Medan, masyarakat Kota Medan bukan harus meninggalkan Kota Medan namun bersama-sama membangun Kota Medan ini menjadi yang lebih baik lagi kedepannya.

"Medan memiliki motto kota religius. Seorang Muslim yang berhijrah harus mampu memberikan manfaat bagi orang lain. Artinya, kita harus menjaga lisan maupun tingkah laku kita agar orang lain dapat mencontoh perbuatan kita. Jadi kita manfaatkan waktu peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H guna menjadi pribadi yang lebih berguna dan bermanfaat bagi orang lain,” harap Hasan. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini