Gubsu Resmi Angkat Muchammad Budi Utomo Jadi Dirut Bank Sumut

/

/ Sabtu, 24 Agustus 2019 / 12.36 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Sumut, dipimpin Gubernur, Eddy Rahmayadi, di Gedung Kantor Pusat Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, umat 23 Agustus 2019. (Foto P4/ istimewa)

Medan, Pilarempat.com | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi resmi mengangkat Muchammad Budi Utomo sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Bank Sumut. Langkah ini menyusul keluarnya surat keputusan hasil uji kelayakan dan kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Penetapan dan pengangkatan tersebut dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Sumut, dipimpin Gubernur, Jumat 23 Agustus 2019, di Gedung Kantor Pusat Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan.
Sebagai Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT Bank Sumut, Gubernur mengharapkan, mantan Komisaris itu dapat segera bekerja dan membenahi Bank Sumut, agar lebih baik lagi ke depan.
“Saya ingin Dirut yang baru harus loyal ke atas dan ke bawah, dalam arti loyal ke atas pada pimpinan, dan loyal ke bawah adalah kepada anggotanya. 57 tahun usia Bank Sumut saat ini kita harusnya tidak lagi berpikir bagaimana bisa menyaingi bank daerah lain seperti Bank DKI atau Bank BJB, melainkan harus sudah berpikir bagaimana menyaingi bank yang ada di negara terdekat kita, Malaysia atau Singapura,” harap Gubernur.
Edy juga menyampaikan, akan segera memberikan penyertaan modal pada PT Bank Sumut.
“Setelah diketok APBD kita, tahun 2020 akan kita kucurkan penyertaan modal sebanyak Rp100 miliar, sehingga komposisi modal Pemprov Sumut di Bank Sumut mencapai 51 persen, kedudukan Gubernur pun semakin kuat menjadi Pemegang Saham Pengendali,” kata Edy didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.
Gubernur juga berharap, penetapan dan pengangkatan Dirut Bank Sumut ini juga menghentikan polemik yang muncul di sebagian masyarakat.
“Saya tidak mau terjadi seperti kemarin lagi, yang salah mengartikan maksud saya. Kami barusan melakukan rapat dengan para pemegang saham, setelah melewati berbagai macam regulasi dan prosedur, hari ini Bank Sumut telah memiliki Dirut baru,” ujarnya.
Diketahui Muchammad Budi Utomo merupakan alumnus Fakultas Bisnis dan Manajemen United States International University, Watford, lnggris. Pada RUPS-LB tersebut, dirinya sekaligus diberhentikan dari jabatan Komisaris Non Independen PT Bank Sumut.
Selain itu, RUPS-LB juga menetapkan dan mengangkat Rahmat Fadillah Pohan sebagai Direktur Operasional PT Bank Sumut Periode 2019-2023, menggantikan Didi Duharsa.
Pria kelahiran Sibolga, 5 Agustus 1966 ini pernah menduduki jabatan strategis di sejumlah bank, antara lain Senior Vice President Payment Center Head PT Bank Danamon.
Dirut PT Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo menyampaikan, akan melaksanakan apa yang menjadi harapan Gubernur Sumut sebagai Pemegang Saham Pengendali.
Untuk itu, ia akan fokus pada tiga hal, yakni peningkatan kualitas SDM, menuju modern banking, dan perbaikan produk.
“Tujuanya agar sesama individu tidak bertarung di internal, melainkan bertarung di marketplace, sehingga menjadi manusia yang kompetitif. Lalu setelah itu barulah kita menuju modern banking, sehingga mampu melahirkan produk terbarukan, karena saat ini bank lain sudah menggunakan QR Code, Debit Card dan penggunaan platform Web Banking, kita harus mengejar itu,” ujar Budi Utomo. [P4/relis/sya]
Komentar Anda

Berita Terkini