Kendalkan Defisit Transaksi, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan 6 Persen

/

/ Jumat, 22 Februari 2019 / 23.22 WIB
(Foto: P4/kumparan)
MEDAN (Pilar4.com)--Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7 Day Repo Rate selama bulan ini pada posisi 6 persen. Deposit facility rate juga tetap sebesar 5,25 persen dan suku bunga lending facility sebesar 6,75 persen.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang digelar pada 20-21 Februari 2019. Adapun kenaikan suku bunga acuan itu berlaku efektif mulai 22 Februari 2019.

"Rapat Dewan Gubernur BI pada tanggal 20-21 Februari 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 6 persen,” ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di Gedung BI, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Perry mengungkapkan, kebijakan tersebut untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan atau Current Account Deficit (CAD) ke dalam batas yang aman dan mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik.

"BI menempuh operasi moneter untuk menjaga ketersediaan likuiditas di pasar rupiah dan valas dan mendukung stabilitas moneter dan sistem keuangan," jelasnya.

Bank sentral mengatakan terjaganya stabilitas perekonomian merupakan landasan terciptanya pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.

“Bank Indonesia ke depan akan terus mencermati perkembangan perekonomian ke depannya," tambahnya. [P4/kump]
Komentar Anda

Berita Terkini