KPPU : Media Berperan dalam Melakukan Pengawasan Persaingan Usaha yang Tidak Sehat

/

/ Sabtu, 26 Mei 2018 / 07.44 WIB


PILAREMPAT.com | Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KPPU) mengaku bahwa dalam melakukan pencegahan terhadap adanya upaya persaingan yang tidak sehat di dalam dunia usaha maka media sangat besar perannya.

Komisioner KPPU Pusat, Guntur Saragih dan Kodrat Wibowo kepada pers menyatakan bahwa hal ini tentunya selaras dengan kehadiran Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) ditengah-tengah masyarakat.

"Dengan adanya ekspos yang akurat dilakukan media, ini tentunya menimbulkan persaingan yang sehat antara pengusaha. Dengan kata lain ini, tentunya saling menguntungkan antara produsen dan konsumen," ungkap Guntur didampingi Kodrat dan Kepala Perwakilan Daerah KPPU Medan, Ramli Simanjuntak dalam acara Forum Jurnalis (Forjun) I Workshop KPPU UU No.5 Tahun 1999 sekaligus acara berbuka bersama yang berlangsung di Hotel Santika, Kamis malam (24/5/2018).

Guntur mengungkapkan, tanpa adanya peran media mungkin hanya beberapa orang saja yang tahu tentang apa itu KPPU. "Di sinilah perlu sinergi antara media dan KPPU. Dengan peran media baik itu masyarakat ataupun pelaku usaha bisa mengadukan berbagai permasalahan yang dihadapinya tentunya berkaitan dengan usaha," katanya.



Sementara itu, Kodrat mengungkapkan masih banyak yang beranggapan bahwa KPPU hadir hanya menangani masalah harga kebutuhan pokok pada hari-hari besar keagamaan seperti saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri/Lebaran, akan tetapi perlu juga diketahui masyarakat bahwa KPPU menangani pengawasan persaingan usaha menyangkut tentang mekanisme tender bahwa di instansi swasta maupun di pemerintahan.

"Bahkan dari beberapa temuan kita, dari proses yang dilakukan ada juga yang berpotensi merugikan negara untuk itulah kita melakukan kordinasi dengan pihak aparat hukum dalam hal ini KPK, Kejaksaan dan Kepolisian," ujar Kodrat.

Acara ini juga sekalian diadakan buka bersama  wartawan dalam Forum Jurnalis maka diisi dengan ceramah yang disampaikan Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut, Mustafa. Secara garis besarnya, ustadz menyampaikan dengan terwujudnya adanya persaingan usaha yang sehat ini tentunya akan menimbulkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi ummat. [P4]
Komentar Anda

Berita Terkini