Ketua PWI dan Ketua DKP Desak Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan Wartawan Madina

/

/ Minggu, 06 Maret 2022 / 02.30 WIB

 

MEDAN | PILAREMPAT.COM---Ketua PWI Sumu, Farianda Putra Sinik (foto) mengecam dan mengutuk keras kasus pemukulan dan pengeroyokan yang dilakukan sekelompok orang terhadap wartawan anggota PWI di Madina. 

Diminta polisi segera mengusut tuntas kasus tersebut dan menangkap pelakunya, kata Farianda dalam siaran pers kepada wartawan di Medan ,Sabtu (5/3/2022) mengomentari peristiwa penganiayaan terhadap wartawan Jeffri Lubis di Madina.      

Dikatakannya, wartawan bekerja dilindungi undang-undang, oleh sebab itu atas nama undang-undang polisi harus segera bertindak tegas agar jangan ada lagi terjadi kasus serupa.

Menurutnya, PWI Sumut juga akan memerintahkan LBH PWI Sumut untuk turun langsung ke Madina untuk memberikan bantuan dan pendampingan hukum kepada wartawan anggota PWI korban pemukulan dan pengeroyokan tersebut.

Sementara itu secara terpisah, Ketua Dewan Kehormatan Propinsi (DKP) PWI Sumut M Syahrir mengatakan, mengecam segala bentuk kekerasan terhadap wartawan, terkhusus kepada anggota PWI Sumut. 

Peristiwa kekerasan terhadap wartawan ini tidak bisa ditolerir, apalagi terjadi di ruang publik yang terbuka dan kami nilai sudah menciderai amanah UU Pers, kata Syahrir di Medan, Sabtu (5/3/2022) terkait dengan penganiayaan terhadap wartawan Jeffri Lubis di Madina. 

Syahrir meminta kepada PWI Kabupaten Madina melakukan pengumpulan alat bukti kekerasan sekaligus pendampingan terhadap korban dan langkah-langkah strategis lain, termasuk bentuk perlindungan terhadap korban.

Ia meminta kepada Ketua PWI Sumut: membangun opini publik terhadap aksi kekerasan tersebut guna meminimalisir aksi serupa terhadap wartawan terkhusus anggota PWI Sumut dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

Bersama Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan dan Advokasi melakukan komunikasi intensif dengan Poldasu agar pengaduan anggota PWI Sumut di Polres Madina segera direspon, ditindaklanjuti dan disikapi sekaligus meminta menangkap pelaku penganiayaan terhadap Jefri Lubis. Dan melakukan pendampingan hukum terhadap Jefri Lubis.

Syahrir mengajak seluruh pimpinan PWI Kabupaten/Kota se-Sumut dan anggota PWI Sumut terus membangun solidaritas dan soliditas terhadap semua aksi kekerasan terhadap wartawan dan tetap mematuhi KEJ dalam menjalankan tugas jurnalistik.

DKP PWI Sumut menyatakan terhadap aksi kekerasan anggota PWI Sumut di Madina dengan harapan peristiwa-peristiwa yang sama tidak terjadi lagi dimasa mendatang. [P4/sya/ril]


Komentar Anda

Berita Terkini