Pemkab Samosir Mendapat 300 Dosis Vaksin PMK dari Propinsi Sumatera Utara

/

/ Minggu, 17 Juli 2022 / 09.38 WIB


Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir didampingi Kasat Binmas Polres Samosir dan Perwakilan Kodim 0210/TU menerima bantuan vaksin PMK dari Provinsi Sumatera Utara. (Foto:P4/ist)

SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Pemkab Samosir mendapat 300 dosis vaksin PMK dari Propinsi Sumatera Utara, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Propsu. Bantuan diserahkan dan diterima langsung Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir, Tumiur Gultom di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir, Jumat (15/07/2022).


Penyerahan Vaksin PMK Bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dihadiri, Kasat Binmas Polres Samosir, AKP Catur Haryadi, dan Perwakilan Kodim 0210/TU Serda Abidin Sihotang.


Pemberian bantuan vaksin dimaksudkan untuk mencegah penyebaran PMK di Provinsi Sumatera Utara, mengingat kasus terkonfirmasi PMK di Sumut sudah mencapai 14 ribu lebih ternak ruminansia rentan PMK (Sapi, Kerbau, Domba, Kambing dan Babi), yang menyebar di 19 Kabupaten/Kota.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir,Tumiur Gultom menjelaskan, bahwa Vaksin PMK yang diterima adalah bantuan tahap kedua dari Propinsi Sumatera Utara. Sebanyak 10.000 Dosis vaksin PMK disalurkan dengan sasaran seluruh Kabupaten/Kota yang telah terkonfirmasi dan juga yang rentan tertular PMK.


Dijelaskan, Pemkab Samosir mendapat bantuan sebanyak 300 Dosis. Vaksin tersebut diprioritaskan untuk vaksinasi ternak sapi yang sehat. Akan tetapi,tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk vaksinasi ternak rentan PMK lainnya seperti Kerbau, tambahnya.


Lebih lanjut dijelaskan, rencana pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan mulai tanggal 21-23 Juli 2022, di kecamatan yang akan ditentukan kemudian, karena masih dalam tahap identifikasi oleh petugas di lapangan.


“Identifikasi ini perlu karena terbatasnya vaksin yang tersedia, sehingga diambil kebijakan bahwa ternak sasaran vaksinasi adalah ternak yang rentan tertular PMK karena berbagai faktor, seperti daerah dengan intensitas lalu lintas ternak yang tinggi, diantaranya Kecamatan Simanindo, Harian dan Sianjur Mulamula. Pelaksanaan vaksinasi PMK akan melibatkan Babinsa dari unsur TNI dan Babinkamtibmas dari Kepolisian” jelas Tumiur


Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, drh. Maria Helentina Simamora, mengharapkan, agar Pemerintah Kabupaten Samosir dapat segera melakukan vaksinasi PMK dengan menggunakan vaksin yang sudah diterima.


Penentuan sasaran vaksinasi diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Samosir sesuai dengan pertimbangan teknis oleh Petugas Medik/Dokter Hewan setempat.


“Apabila vaksinasi ini cepat dilaksanakan dan dilaporkan hasilnya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui iSIKHNAS, maka akan menjadi penilaian dalam penambahan bantuan vaksin berikutnya” ucap drh. Maria Helentina Simamora. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini