Erick Thohir Bantu Pembiayaan kepada Masyarakat Prasejahtera Kota Langsa

/

/ Kamis, 14 Juli 2022 / 23.27 WIB

 

Kementrian BUMN menyalurkan bantuan kepada masyarakat prasejahtera di Kota Langsa. (Foto:P4/ist).
Langsa, PiILAREMPAT.com - Menteri BUMN Erick Thohir memberikan bantuan kepada masyarakat prasejahtera Kota Langsa dalam rangka  membangkitkan perekonomian masyarakat  melalui program Mekaar baru baru ini.

Rilis dari Kementrian BUMN yang diterima media ini , Kamis , 14 Juli 2022 menjelaskan, untuk warga masyarakat  Kota Langsa hingga saat ini Erick Thohir telah memberikan bantuan  sebanyak 14.716 masyarakat yang telah terbantu ekonominya melalui program Mekaar, atau sebanyak 150% dari jumlah masyarakat prasejahtera di Kota Langsa.

Erick Thohir mengatakan bahwa pembangunan ekonomi suatu bangsa harus seimbang dengan membangun pondasi ekonomi yang kuat melalui ekonomi kerakyatan salah satunya melalui pengusaha UMKM. 

Dalam kunjungan kerja di Kota Langsa, Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga menyampaikan tujuan BUMN sebagai perpanjangan tangan negara dalam memberikan pelayanan ke masyarakatmelalui program Mekaar. 

“Pak Erick Thohir menyampaikan salam kepada Ibu-Ibu semua. Usaha yang dilakukan Ibu semua ini terbukti tidak hanya bisa membantu meringankan beban keluarga tapi juga membuka lapangan pekerjaan untuk hampir 15.000 masyarakat di Kota Langsa ini” jelas Arya.

Kunjungan kerja yang dilakukan merupakan rangkaian kegiatan Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN yang diadakan di Lapangan Merdeka Langsa dan dihadiri oleh lebih dari 3.000 nasabah Mekaar dan masyarakat Kota Langsa.

Kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk kolaborasi BUMN yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI) dan ID Food sebagai penyedia paket murah. 

Peran BUMN untuk masyarakat Kota Langsa turut dirasakan oleh pelaku UMKM, seperti Fitriah yang memilki usaha pengolahan makanan dan kerajinan tangan. 

Fitriah memulai usahanya sejak tahun 2015 dan sempat terdampak pandemi 2 tahun belakang. “Jujur yang membuat usaha saya bisa bertahan hingga saat ini tidak bisa dipisahkan dari peranan Rumah BUMN yang memberikan pinjaman modal dan lapak untuk saya promosi di berbagai media. Semua di fasilitasi oleh Rumah BUMN” ujar Fitriah.

Lebih lanjut Arya Sinulingga pun menyempatkan diri berdialog bersama 50 UMKM asli Kota Langsa yang bergerak di berbagai bidang usaha mulai makanan hingga produk fashion.

“UMKM ini sekarang sudah menjadi mitra strategis untuk memperkuat rantai pasok BUMN. Upaya ini juga dilakukan supaya kelangsungan UMKM makin terus meningkat. Ini menjadi salah satu peran penting kehadiran BUMN untuk membangun perekonomian masyarakat Kota Langsa” jelas Arya. 

Dalam dialog UMKM yang dilakukan, Arya mendorong peningkatan kapabilitas pelaku UMKM asal Kota Langsa melalui berbagai pelatihan yang akan diberikan melalui Rumah BUMN. Program peningkatan kemampuan usaha akan diberikan kepada pelaku UMKM berupa pelatihan pemasaran hingga optimalisasi di bidang operasional UMKM.(P4/mzky).

Komentar Anda

Berita Terkini