Miguel Oliveira Terhebat di MotoGP Mandalika 2022

/

/ Minggu, 20 Maret 2022 / 23.59 WIB


 

Presiden RI, Joko Widodo menyerahkan trofi kepada pembalap KTM, Miguel Oliveira, yang naik podium MotoGP Mandalika,di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/03/2022). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

JAKARTA | PILAREMPAT.COMSetelah ditunda akibat hujan deras yang mengguyur sirkuit, MotoGP Mandalika Pertamina, Lombok, Minggu (20/03/2022) dimulai pukul 15.15 WIB, dan akhirnya dimenangkan pembalap Miguel Oliveira dari Red Bull KTM. 

Setelah start dimulai, Fabio Quartararo dari Monster Yamaha langsung mempertahankan posisi terdepan diikuti Miguel Oliveira dari Red Bull KTM di posisi dua.

Tidak hanya Oliveira yang melakukan start brilian, tetapi juga Jack Miller dari Ducati Lenovo yang merangsek ke posisi tiga.

Quartararo yang sedikit melebar langsung dikudeta posisinya oleh Oliviera di lap pertama. Namun Oliveira tidak bisa mempertahankan posisinya karena langsung disalip Miller.

Quartararo bertarung dengan Alex Rins dari Suzuki Ecstar dua lap setelah balapan dimulai. Posisi juara bertahan MotoGP ini bahkan melorot ke posisi lima setelah dibalap Rins dan Johann Zarco di lap ketiga.

Sementara itu Oliveira berhasil mengambil posisi terdepan dari Miller pada lap keempat. Selepas mengambil posisi Miller, Oliveira langsung tancap gas dengan selisih waktu 1 detik lebih.

Jorge Martin dari Pramac Ducati terjatuh di lap tujuh. Sejumlah pebalap juga hampir terjatuh seperti Pecco Bagnaia dari Ducati Lenovo.

Oliveira Tidak Terkejar

Oliveira semakin tidak terkejar oleh Miller yang kini unggul 2 detik lebih hingga lap ke-9. Pada lap 12, Alex Rins sepertinya mengalami kendala di motornya. Posisi pebalap asal Spanyol itu diambil Johann Zarco yang kini menempati peringkat tiga. Quartararo yang ada di belakang Rins langsung menyusul dan ada di posisi empat. Balapan semakin ramai jelang enam lap berakhir. Tiga pebalap, Zarco, Miller, dan Quartararo memperebutkan posisi dua. Quartararo yang berhasil merangsek ke posisi dua, mencoba menyusul Oliveira yang ada di posisi depan tiga lap jelang balapan berakhir. Pebalap asal Prancis itu bahkan mencatat fastest lap.

Tapi jarak yang dibuat oleh Oliveira sudah terlalu jauh. Oliveira akhirnya menjadi juara diikuti Quartararo dan Zarco di posisi tiga. Seri balapan MotoGP berikutnya akan diadakan di sirkuit Termas de Río Hondo, Argentina, pada 3 April 2022.

 Berikut Hasil MotoGP Mandalika

1. Miguel Oliveira 33 menit 27,223 detik
2. Fabio Quartararo +2,205 detik
3. Johann Zarco +3,158 detik
4. Jack Miller +5,663 detik
5. Alex Rins +7,044 detik
6. Joan Mir +7,832 detik
7. Franco Morbidelli +21,115 detik
8. Brad Binder +32,413 detik
9. Aleix Espargaro +32,586 detik
10. Darryn Binder +32,901 detik

Sebelumnya, hasil Moto3 Mandalika 2022, Dennis Foggia dari tim Leopard Racing menjadi juara di Sirkuit Pertamina Mandalika, Minggu (20/3/2022) siang. Bahkan para pebalap yang ada di garis terdepan tidak bisa mempertahankan posisinya. Pebalap Andrea Migno dari Rivacold Snipers Team yang start dari posisi lima langsung merangsek ke posisi satu diikuti Denis Foggia di peringkat dua dan Sergio Garcia saat lomba dimulai. Sementara itu Mario Suryo Aji yang membela Honda Team Asia dan start di posisi tiga terlempar ke posisi sembilan. Foggia yang membela Leopard Racing saling bergantian memimpin lomba dengan Izan Guevara dan Migno.

Hingga balapan berlangsung lima lap dari 23 putaran, Foggia terus memimpin diikuti Guevara dan Garcia. Migno ada di posisi empat usai melebar di lap empat. Sementara itu Mario Aji ada di posisi 13 di lap keenam. Dennis Foggia semakin nyaman memimpin lomba hingga lap ke-12 dengan jarak empat detik dari peringkat dua-tiga yang diperebutkan Izan Guevara dan Andre Migno. Mario Aji ada di posisi 16. Pertarungan seru justru terjadi di perebutan peringkat dua antara Guevara dan Migno yang saling menyusul hingga tiga lap terakhir. Posisi Mario Aji semakin terpuruk setelah terkena penalti yang membuatnya ada di posisi 19. Drama justru terjadi di lap terakhir setelah Migno terjatuh dengan Sasaki.

Foggia akhirnya menjadi juara Moto2 Mandalika 2022 setelah menjadi yang tercepat selama 23 lap diikuti Guevara dan Carlos Tatay dari CFMOTO Racing PruestelGP. Mario Aji yang tampil baik di babak kualifikasi tidak bisa menemukan performa puncaknya dan harus puas di peringkat 14. [P4/sport.bisnis.com]


Komentar Anda

Berita Terkini