DPRD Samosir Kunker ke Kota Batam, Terkait Pengelolaan Air Minum

/

/ Senin, 28 Maret 2022 / 23.18 WIB

 

SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | DPRD Samosir melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Batam terkait pengelolaan air minum yang dikelola oleh Adhya Tirta Batam (ATB).


Dimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir berencana menggandeng ATB untuk meningkatkan kualitas layanan air bersih kepada masyarakat.


“Kerjasama tersebut akan terwujud, namun masih ada kendala keterlambatan akibat perkembangan pembangunan di wilayah Samosir pada saat sekarang ini”, tutur anggota DPRD Samosir, Parluhutan Samosir.


Ada sebanyak 9 anggota DPRD Samosir yang ikut kunket ke ATB untuk memberikan kepastian kepada perusahaan, sekaligus berkonsultasi ke sejumlah aspek guna persiapan persyaratan kerjasama tersebut.


Untuk saat sekarang ini DPRD Samosir tengah melakukan finalisasi Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) pembentukan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Natio yang nantinya sebagai pengelola perpanjangan tangan Pemkab Samosir untuk dilakukan kerjasama.


“Ditargetkan selesai di masa sidang pertama yang diperhitungkan bulan April mendatang,” imbuhnya.


Terkait peningkatan layanan air bersih perlu kajian sedini mungkin dilakukan oleh Pemkab Samosir dan telah menjadi prioritas utama sejalan dengan visi pembangunan Samosir kedepan yang Sejahtera, Bermartabat Secara Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi.


Disisi lain juga, kebutuhan akan layanan air bersih yang optimal akan menjadi daya dukung utama bagi rencana pengembangan Kabupaten Samosir sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.


Tambahnya dengan rasa percaya, geliat pariwisata akan terdongkrak bila dukungan infrastruktur air bersih dapat dikelola secara baik dan benar. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian rakyat terutama peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Samosir.


Sementara itu, Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto Antonius menyambut baik niat Pemkab Samosir melakukan kerjasama pengelolaan air minum bersih dan dengan tangan terbuka sangat menerima dengan baik.

Dimana ATB telah memiliki pengalaman 25 tahun mengelola air bersih di Kota Batam, dan telah mendapat predikat sebagai perusahaan air bersih terbaik di Indonesia.


Disamping itu juga ATB telah didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, unggul serta teknologi mahir. ATB merupakan salah satu pemilik teknologi SPARTA Smart Solution, yang terbukti mampu meningkatkan pelayanan air bersih Kota Batam.


“Keberhasilan ATB adalah memberikan yang terbaik menjadi perusahaan air bersih di Indonesia dengan cakupan pelayanan 99,7 persen. Teknologi SPARTA Smart Solution kedepannya akan menjadi aset untuk dapat membantu peningkatan layanan air di Samosir, dan Indonesia pada umumnya,” tutupnya. (P4/MT).

Komentar Anda

Berita Terkini