BI Prediksi Ekonomi Sumut Tahun 2022 Tumbuh Lebih Tinggi

/

/ Rabu, 30 Maret 2022 / 00.19 WIB

 

Doddy Zulverdi, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut (Foto;P4/ist)

MEDAN | PILAREMPAT.COM - Pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 2022 diperkirakan lebih tinggi dari tahun sebelumnya, didorong oleh tercapainya herd immunity di Sumatera Utara.

“Namun tetap perlu diwaspadai sejumlah faktor yang dapat menahan pertumbuhan, seperti konflik geopolitik internasional karena sikap investor yang wait and see dan kecenderungan berinvestasi kepada aset safe haven,” ujar Doddy Zulverdi, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sumut, pada acara Bincang-Bincang Media (BBM), yang ddilaksanakan secara hybride (offline dan online), di Kantor KPw BI Sumut, Jalan Balai Kota No.4 Medan., Selasa (29/03/2022),

Doddy menjelaskan, memasuki Ramadhan dan Idul Fitri, Bank Indonesia juga senantiasa berupaya untuk menjaga likuiditas perbankan serta memastikan ketersediaan uang yang beredar di masyarakat dalam jumlah dan pecahan yang cukup dengan kualitas yang baik. Kebutuhan uang kartal selama Ramadhan dan Idul Fitri diperkirakan sebesar Rp5,25 triliun, lebih tinggi dari tahun sebelumnya mempertimbangkan kondisi ekonomi yang terus pulih.

Diungkap Doddy, KPw BI Provinsi Sumatera Utara telah merumuskan 3 (tiga) langkah yang akan dilakukan, yaitu pembukaan layanan penarikan uang Hasil Cetak Sempurna (HCS), pembukaan layanan penukaran uang HCS di seluruh unit/cabang perbankan, dan pembukaan layanan penarikan uang pecahan besar untuk kebutuhan gaji dan THR.

“Selain itu, KPw BI Provinsi Sumatera Utara juga membuka layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) melalui layanan kas keliling,” kata Doddy.

Disebutkannya, terdapat 124 titik lokasi layanan penukaran yang didukung oleh 41 Bank di kota Medan guna memenuhi kebutuhan uang masyarakat selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Layanan pemenuhan kebutuhan uang kartal oleh Bank Indonesia dan perbankan sudah dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 4 s.d 29 April 2022. Adapun informasi terkait mekanisme dan lokasi penukaran dapat diakses melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id/). [P4/isya]

 


Komentar Anda

Berita Terkini