Ricky Rumapea, Sewa Rumah Dinas Bupati Samosir Tidak Ada Polemik

/

/ Jumat, 14 Januari 2022 / 02.30 WIB

 

SAMOSIR-PILAREMPAT.COM  |  Terkait polemik rumah dinas Bupati Samosir tidak ada masalah yang dipersoalkan, karena lebih menghemat anggaran.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom angkat bicara, terkait informasi beredar yang menjadi polemik di tengah masyarakat mengenai biaya sewa rumah dinasnya saat ini.

Dijelaskan dia, besaran sewa rumah dinasnya justru lebih rendah untuk tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Tidak ada polemik terkait biaya sewa Rumah Dinas Bupati yang sebesar Rp 40 juta per bulan sampai April 2022 itu. Malahan biaya sewa Rumah Dinas Bupati sekarang ini lebih hemat dari tahun sebelumnya,” tegasnya melalui Plt Kapala Dinas (Kadis) Kominfo Samosir, Ricky Rumapea kepada awak media, Senin (10/01/2022).


Untuk tidak menjadi polemik berkepanjangan terkait besaran biaya sewa Rumah Dinas Bupati tersebut, Ricky meminta masyarakat Samosir agar memahami secara kompleks atau menyeluruh.


“Terkait penggunaan anggaran yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir terhadap biaya sewa Rumah Dinas Bupati yang menjadi perbincangan saat ini, masyarakat Samosir kita harapkan bisa memahami secara rinci terlebih dahulu penggunaan anggaran sewa rumah dinas tersebut, tidak sepotong-sepotong “, harapnya.

Ditambahkan Ricky, sebelum rumah dinas berada di tempat saat ini , Bupati juga menggunakan anggaran keuangan Pemkab Samosir. Bahkan saat itu menembus angka 300 hingga 500 juta rupiah pertahunnya untuk biaya pemeliharaan.

“Dari sisi efisiensi anggaran, lebih hemat menyewa sebagian Hotel Vantas sebagai Rumah Dinas sementara Bupati saat ini dibandingkan yang sebelumnya di Rumah Dinas yang berada di Jalan Danau Toba Pangururan”, cetus Ricky dalam penjelasannya.

Lebih rinci dijelaskan, terkait besaran biaya sewa Rumah Dinas Bupati saat ini sebesar 40 juta rupiah itu sudah mencakup beberapa fasilitas yang ada di Hotel Vantas.

“Jadi komplit semua, ada ruang tidur utama, ruang tidur ajudan, ruang tidur penjaga ruang tunggu dan ruang rapat mini. Bahkan itu sudah termasuk untuk biaya listrik dan air”, pungkas dia lagi.

Menurutnya, Justru saat ini lebih menghemat pengeluaran keuangan daerah, karena selama tinggal di Hotel Vantas sebagai Rumah Dinas Bupati Samosir, tidak dianggarkan lagi biaya pekerja untuk perawatan taman seperti sebelumnya.

Sebelumnya, sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Samosir, telah dilakukan peninjauan terhadap rumah dinas yang berada di jalan Danau Toba kota Pangururan. Saat ditinjau, terlihat perlunya dilakukan perbaikan dan perawatan di beberapa bagian.

Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Samosir sedang melakukan perbaikan dan renovasi rumah dinas bupati Samosir agar lebih layak untuk ditempati

Komentar Anda

Berita Terkini