Pemkab Samosir, Edukasi Pelajar SD Jaga Kebersihan Lingkungan

/

/ Jumat, 21 Januari 2022 / 09.44 WIB

 

SAMOSIR-PILAREMPAT.COM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melakukan edukasi terkait kebersihan lingkungan di sekolah.

Edukasi dilakukan untuk pelajar SD di Kecamatan Harian, Selasa (18/1/2022), Samosir.

Kegiatan yang dilakukan Pemkab Samosir melalui Plt.Camat Harian Harry Naibaho, SE, MM yang langsung memberikan pengarahan terkait masalah kebersihan lingkungan di sekolah.

Disampaikan Plt Camat Harian Harry Naibaho, SE, MM edukasi di SD Negeri Turpuk Sihotang dan mengimbau agar pihak sekolah terus mengoptimalkan kedisiplinan maupun kebersihan lingkungan dengan cara membiasakan siswa membuang sampah pada tempatnya serta menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Edukasi dilakukan bukan untuk memberatkan mereka. Namun, sebaliknya para guru SD harus mempersiapkan anak didik menyambut pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, jika sudah dibiasakan dari sekarang ke depan mereka sudah terbiasa terhadap kebersihan lingkungan dan guru juga harus berperan aktif menjaga kebersihan kelas juga lingkungan yakni dengan memberikan arahan dan contoh kepada siswa.

“Kalau kelas bersih, belajar juga nyaman. Jadi siswa maupun guru sama-sama menjaga kebersihan dilingkungan sekolah termasuk ruang kelas,” imbuhnya.

Kepala SDN Desa Turpuk Sihotang Nurmaida Br Sihotang S.Pd.K mengatakan, sejauh ini untuk tingkat kedisiplinan serta kebersihan merupakan hal paling diutamakan, oleh sebab itu pihaknya terus berusaha menjaga lingkungan.

“Kami sudah berupaya meningkatkan kedisiplinan serta kebersihan, salah satunya hal yang kecil yaitu membiasakan siswa membuang sampah pada tempatnya,” bebernya.

Ditambahkan dia, untuk menjaga disiplin terhadap siswa, pihaknya menerapkan sistem piket kelas, setiap siswa sudah pasti mendapat giliran untuk menjaga kebersihan. Tujuannya menanamkan sikap disiplin serta peduli terhadap tempat tinggal mereka, katanya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini