Pecundangi Malaysia 4-1, Indonesia Mantap Melangkah ke Semi Final Piala AFF2020

/

/ Senin, 20 Desember 2021 / 01.00 WIB

 

      

    Pemain Timnas Indonesia Irfan Jaya berebut bola dengan pemain Timnas Malaysia pada pertandingan Piala AFF di             Stadion Nasional, Singapua, (Foto : PSSI)

MEDAN--PILAREMPAT.COM | Tim Nasional Indonesia berhasil melangkap dengan mantap ke Semi Final  Piala AFF 2020, setelah menang telak atas Malaysia dengan skor 4-1di partai pemungkas Grup B Piala AFF 2020, di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Gol-gol kemenangan Tim ‘Merah Putih’ dicetak oleh Irfan Jaya 2 gol (menit ke-36 dan 43), Pratama Arhan (50') serta Elkan Baggott (82'). Sementara, satu gol Malaysia dibukukan oleh Kogileswaran Raj (13').

Hasil ini sekaligus mengantar Indonesia ke semifinal Piala AFF 2020. Tim Garuda akhirnya finis di posisi teratas Grup B dengan 10 poin sama dengan Vietnam namun unggul selisih gol. Di sisi lain, Malaysia finis di peringkat ketiga dengan enam poin.

     Selebrasi pemain Timnas Indonesia Irfan Jaya usai mencetak gol ke gawang Timnas Malaysia pada pertandingan Piala       AFF di Stadion Nasional, Singapura.(Foto: PSSI)

Kronololis Pertandingan

Indonesia langsung tancap gas sejak menit awal. Belum genap laga berjalan dua menit, Pratama Arhan melakukan solo run di sisi kiri dan melepaskan tembakan ke arah tiang jauh. Bola masih sedikit melebar dari sasaran.

Setelah itu, pertandingan berjalan dengan tempo cepat. Malaysia beberapa kali mencoba menusuk masuk ke jantung pertahanan, di sisi lain serangan balik kilat Indonesia juga beberapa kali cukup berbahaya.

Malaysia membuka keunggulan terlebih dahulu di menit 13. Sepakan keras jarak jauh dari Kogileswaran Raj tak mampu dibendung Nadeo Argawinata. 1-0 'Harimau Malaya' unggul.

Indonesia coba merespons. Di menit 18, skuad 'Garuda' memperoleh peluang namun Ramai Rumakiek dijatuhkan di kotak penalti. Bola kemudian bergulir ke arah Pratama Arhan dan Arhan ditekel keras pemain Malaysia.

Wasit tak meniup peluit tanda pelanggaran. Di sisi lapangan, Shin Tae-yong terlihat melakukan protes keras karena tak puas dengan keputusan wasit.

Pratama Arhan melepaskan percobaan tembakan memasuki menit 25. Sepakan kaki kirinya melambung di atas mistar Malaysia.

Malaysia nyaris menggandakan keunggulan di menit 34. Syafiq Ahmad menerima umpan terobosan yang membuatnya dalam situasi one on one dengan penjaga gawang. Sepakannya melebar.

Indonesia akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit 36. Witan Sulaeman menyodorkan bola ke Irfan Jaya yang berada di depan gawang Malaysia. Irfan tak menyia-nyiakan peluang tersebut, ia mengirim bola ke dalam gawang yang sudah ditinggalkan penjaga gawang Malaysia.

Irfan Jaya membawa Indonesia membalikkan keadaan di menit 43. Ia meneruskan sepakan Pratama Arhan dengan tembakan jarak dekat. 2-1 Indonesia berbalik unggul.

Indonesia menciptakan kemelut di kotak penalti Malaysia sesaat sebelum babak pertama berakhir. Di momen itu, bola menyentuh tiang gawang Malaysia dua kali. Skor 2-1 untuk Indonesia menutup jalannya babak pertama.

Shin Tae-yong coba menambah kekuatan di lini belakang. Ia menarik keluar Ramai Rumakiek dan memasukkan Elkan Baggott.

Pratama Arhan membawa Indonesia unggul 3-1 di lima menit babak kedua berjalan. Ia melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung kiper Malaysia, Khairul Fahmi.

Syafiq Ahmad membobol gawang Indonesia di menit 59. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena sebelumnya terjadi pelanggaran terhadap Nadeo.

Elkan Baggott melakukan overlap di menit 68. Ia maju hingga kotak penalti Malaysia, lalu menyambut umpan crossing via sundulan kepala. Bola melebar ke sisi kanan gawang.

Elkan Baggott akhirnya berhasil membawa Indonesia menjauh 4-1 di menit 82. Berawal dari sepak pojok, Elkan menyambut umpan Evan Dimas dengan sundulan kepala.

Gol Elkan sekaligus menutup pesta kemenangan Timnas Indonesia di pertandingan ini. Indonesia menang telak 4-1 dan memastikan satu tiket ke semifinal Piala AFF.

Susunan Pemain: Malaysia vs Indonesia

Malaysia: Khairul Fahmi, Rizal Ghazali, Dion Cools, Junior Eldstal, Syahmi Safari, Baddrol Bakhtiar, Muhd Safawi Rasid, Mohd Faisal Abdul Halim, Syafiq Ahmad, Arif Aiman Hanapi, Kogileswaran Raj

Indonesia: Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Irfan Jaya, Ezra Walian. [P4/kumparanBola]


Komentar Anda

Berita Terkini