-->

Korem 011/LW Gandeng PIM Ajak Masyarakat Ubah Lahan

/

/ Jumat, 15 Oktober 2021 / 12.19 WIB




LHOKSEUMAWE--PILAREMPAT.COM  |TNI Korem 011/Lilawangsa menggandeng pemerintah kabupaten Aceh Utara dan PT Pupuk Iskandar Muda dalam program Makmur Agro Solution , yaitu menanam perdana pohon jagung seluas 100 hektar di Gampong Alue Keureunyai, Kecamatan Banda Baroe, Rabu (13/10/2021).

Produktif ditengah pandemi Covid-19 saat ini  dilakukan dengan merubah lahan kosong milik warga, Ayah Sup, seorang masyarakat Gampong Alue Keureunyai dengan mengubahnya menjadi potensi yang menjanjikan, berupa lumbung jagung terbesar  dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat daerah setempat.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro mengatakan, penanaman jagung perdana ini adalah kerjasama antara Korem 011/Lilawangsa dengan program Makmur Agro Solution PT Pupuk Iskandar Muda serta dinas pertanian provinsi Aceh dan  dinas pertanian Aceh Utara.

Menurut Danrem Baskoro, Indonesia pada umumnya tanahnya subur, namun masih banyak lahan-lahan belum produktif termasuk di Aceh. Saat ini program ketahanan pangan Korem dengan program Makmur Agro Solution PT Pupuk Iskandar Muda sehingga kita cocokkan untuk memberdayakan masyarakat, tujuannya khusus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ini sebenarnya lahan milik Ayah Sup, Gampong Alue Keureunyai. Di lahan seluas 100 hektar ini nanti dikembangkan tanaman jagung, dikerjakan oleh dua kelompok tani  yaitu Makmur Besare dan Sentosa yang merupakan masyarakat asli di sini.  Nantinya diharapkan mampu meningkatkan dan mensejahterakan ekonomi masyarakat pedalaman Aceh Utara” tutur Danrem Baskoro.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Umum PT PIM, Rohan Samsul Hadi mengatakan, Makmur ini kepanjangan dari mari kita majukan usaha rakyat. Harapannya, dari program ini masyarakat bisa terbantu dan nilai positifnya lebih baik lagi, sebutnya.

“Kita bersinergi, PT PIM sebagai penyedia pupuk, dari BSI pendanaan, Pemkab Aceh Utara dan Pak Danrem beserta Korem 011/Lilawangsa mengawal program ini sebagai leader. Harapan kita tidak terhenti disini saja, lanjutnya.

PT PIM di tahun 2022 menargetkan program Makmur bisa menjangkau 15.000 hektare dan bergerak  disemua wilayah PT PIM. Kelebihan dari program ini adalah petani bisa bisa fokus mengerjakan, karena petani yang punya lahannya.

Selain Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro, penaman perdana 100 hektare jagung tersebut turut dihadiri oleh Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, pihak PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, pihak Bank Syariat Indonesia (BSI) serta Kelompok Tani Makmur Besare dan Kelompok Tani Sentosa, serta tamu undangan yang hadir.(P.4/mzky).

Komentar Anda

Berita Terkini