Menko Perekonomian Airlangga Serahkan Piala TPID Award 2021: Kuartal II-2021, Sumut Tumbuh Positif 4,95%

/

/ Kamis, 09 September 2021 / 22.45 WIB

 


MEDAN-PILAREMPAT.COM | Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyerahkan Piala dan Sertifikat Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID Award 2021 Berkinerja Terbaik Provinsi untuk Kawasan Sumatera kepada Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi selaku Ketua TPID Provinsi Sumut, didampingi Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah.

 “TPID yang telah dianugrahi penghargaan sebagai TPID Terbaik dan Berprestasi telah mampu menghadirkan progam-program yang inovatif dan efektif dalam menjaga stabilisasi harga/inflasi di daerah,” ujar Menko Airlangga, selaku Ketua TPIP, dalam Rapat Koordinasi dengan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut beserta Forkopimda, Kamis (9/9/2021), di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan.

Hadir diantaranya Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI Hassanudin, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Anggota DPR RI serta Bupati/Walikota se-Sumut (virtual).

Disampaikannya, ekonomi Provinsi Sumut pada Kuartal/Quartal II (Q2)-2021 mengalami pertumbuhan positif sebesar 4,95% (YoY), lebih  dari nasional (7,07%). Dari sisi Lapangan Usaha, share tertinggi adalah sektor Pertanian (21,33%) diikuti Industri (19,3%) dan Perdagangan (6,9%). Adapun pertumbuhan tertinggi dicatat oleh Sektor Jasa Keuangan (7,87%) sedangkan yang terendah adalah Jasa Kesehatan (0,50%).

Dari sisi Pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicatatkan komponen Impor (24,10%) dan Ekspor (18,89%). Konsumsi Rumah Tangga yang merupakan komponen dengan share terbesar (51,44%) tumbuh di angka 5,14%.

Perkembangan Inflasi selama tiga tahun terakhir terjaga di kisaran sasaran. Namun demikian, di masa pandemi tingkat inflasi Provinsi Sumut mengalami tren penurunan sejalan dengan tingkat permintaan yang relatif belum kuat.

Pada Agustus 2021, Provinsi Sumut mengalami deflasi sebesar -0,08% MtM yang terdorong dari komponen makanan minuman dan tembakau, utamanya karena deflasi pada komoditas hortikultura yang mulai memasuki masa panen.

 Airlangga juga mendorong potensi yang ada di Sumut yakni dari commodity super-cycle atau harga komoditas naik secara signifikan) yang merupakan potensi menaikkan nilai tukar petani salah satunya memperbaiki replanting (upaya untuk mempertahankan produksi. [P4].

Komentar Anda

Berita Terkini