Ketua DPRD Medan Harapkan Larangan Mudik Diperjelas Rinciannya

/

/ Jumat, 21 Mei 2021 / 08.48 WIB

 

MEDAN, PILAREMPAT.com--Ketua DPRD Medan, Hasyim SE berharap adanya larangan Mudik ditangggal 6-14 Mei dapat dipatuhi seluruh masyarakat .

Namun, politisi PDI Perjuangan tersebut berharap agar Forkominda Sumut yang dipimpin Gubernur Sumatera Utara bisa memberikan rincian secara luas terkait dengan surat edaran Adendum No 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

” Dalam surat edaran Adendum No 13 Tahun 2021 ini pada poin 14 terdapat yang dikecualikan pengiriman logistik, persalinan, duka cita dan juga kepentingan non mudik. Disini kita berharap agar kepentingan non mudik bisa dijabarkan ,” kata Hasyim kepada wartawan.

Sambung, Ketua DPC PDI-Perjuangan Medan tersebut apakah acara pesta bisa diperbolehkan.

” Gubernur Sumatera Utara kiranya bisa menyampaikan juga kepada publik apakah pesta yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan bisa dilaksanakan ,terutama para tamu atau sanak keluarga yang memasuki Kota Medan karena di adendum tersebut disampaikan non mudik ,” ujar Hasyim.

Ia mengatakan hal tersebut setelah menerima keluhan masyarakat dan juga pemilik wisma.

” Direntang waktu larangan Mudik tersebut akan ada pesta yang digelar masyarakat beragama Nasrani. Dan ini juga menjawab keresahan para pemilik wisma juga agar jangan sampai merugi akibat adanya pembatalan pemakaian gedung yang berimbas kepada ekonomi yang bisa membuat pengusaha merugi ,” kata Hasyim.

Ia mengatakan untuk mudik dari area Membidangro tidak ada larangan, tapi bagaimana dengan pesta.

” Inilah yang harus bisa dijawab stakeholder dalam hal ini Gubernur Sumatera Utara. Bagaimana pelaksanaan pesta terutama di Kota Medan para tamu yang datang terutama dari wilayah lainnya yang berdekatan dengan ibukota Sumut misalnya Tarutung dan lainya ,” ucap Hasyim.

Jika dalam hal ini diperbolehkan dengan melengkapi dokumen dari pemerintah setempat agar membuka ruang dan tidak mempersulit masyarakat.

Salah seorang warga bernama, Sampe yang akan mengelar pesta ada ditanggal 14 Mei hingga sampai sekarang masih bigung untuk melaksanakan pesta adat pernikahannya.

” Sebelum adanya larangan Mudik saya sudah cetak undangan pernikahan ditanggal 14 Mei seluruh rangkaian adat sudah selesai. Tapi, secara tiba-tiba ada larangan Mudik sementara calon istri saya dari Asahan bagaimana mau ke Kota Medan rombongan ,” keluhnya.

Ia mengatakan sudah membaca surat adendum larangan Mudik tersebut terdapat kata non mudik ,tapi tidak dijabarkan seperti apa.

” Kenapa dari area Membidangro tidak dilarang mudik, sementara acara sakral tidak bisa dirinci.Disurat ada kata nonmudik ini seperti apa ,” keluhnya.

Juga, kata Sampe melalui rekannya hal ini sudah ditanyakan kepada Menteri Perhubungan bahwa pesta diperbolehkan dengan membawa surat keterangan dari Lurah setempat.

” Sebaliknya Satgas Covid-19 Sumut justru melarang dengan alasan kata nonmudik tidak tertulis pesta.Kita jadi bigung ,” ucapnya.

Dikata, Sampe pihaknya sudah meminta surat dari Lurah sebagai perjalanan memasuki Kota Medan, tapi ditolak.

” Keluarga calon istri saya sudah meminta surat dari pihak pemerintah setempat , tapi tidak diberikan karena yang mengeluarkan surat Tim Satgas Covid-19 wilayah .

Sebalik saat didatangi ke Satgas Covid-19 wilayah asal istri saya justru disampaikan harus dari polisi.Jadi , kita bigung juga ,” keluh warga Helvetia ini. [P4/sya]


Komentar Anda

Berita Terkini