OJK KR5 Sumbagut Targetkan Peningkatkan Rekening Bank untuk Pelajar di Sumut

/

/ Sabtu, 03 Oktober 2020 / 06.48 WIB

 

MEDAN, PILAREMPAT.com  |  Data Kemendikbud  tahun 2019/2020)berdasarkan hasil pemetaan rutin,  ada 2.986.166 pelajar di Sumatera Utara (Sumut). Dari total angka tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat capaian sebanyak 86,18 persen di antaranya atau sekira 2.573.477 pelajar telah memiliki rekening Bank per Mei 2020.

Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemda OJK Kantor Regional (KR) 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Andi M. Yusuf menyebutkan, capaian itu akan terus ditingkatkan melalui program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

“Ini juga seperti yang dilakukan ke sejumlah sekolah di Sumut termasuk di Tanjungbalai,” kata Andi dalam sambutannya pada Sosialisasi Gerakan Ayo Menabung dan Launching Pembukaan Rekening Simpanan Pelajar kepada 55 orang pelajar berprestasi di Kota Tanjungbalai, Kamis (1/10/2020).

Sosialisasi digelar Pemerintah Kota Tanjungbalai, Kantor OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, dan PT Bank Sumut itu untuk mendorong peningkatan literasi keuangan dan inklusi keuangan khususnya di kalangan pelajar, dan sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2020.

Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dalam wadah TPAKD se-Sumatera Utara tahun 2020. Sedangkan program nasional, Satu Rekening Satu Pelajar, yang ditargetkan dapat terwujud 100 persen di tahun 2022.

Andi menjelaskan, kolaborasi Pemerintah Kota Tanjungbalai dengan perbankan dan OJK melalui sosialisasi, edukasi dan business matching ini bertujuan untuk mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan khususnya di kalangan peserta didik di Kota Tanjungbalai dan diharapkan dapat diperluas pelaksanaannya di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Kegiatan ini diharapkan dapat direalisasikan pula oleh Pemerintah Daerah lainnya baik di Sumatera Utara maupun daerah lainnya di Indonesia, untuk bagaimana bersama-sama mendorong terwujudnya program nasional Satu Rekening Satu Pelajar, yang ditargetkan dapat terwujud 100 persen di tahun 202,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kota Tanjung Balai, Yusmada, SH MAP menyatakan apresiasinya atas sinergi kegiatan melalui TPAKD sebagai upaya meningkatkan semangat kepada pelajar untuk gemar menabung sejak dini.

Kegiatan ini juga bentuk partisipasi dalam TPAKD Kota Tanjungbalai untuk memeriahkan penyelenggaraan program nasional Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2020.

“Besar harapan kami kedepannya dapat direalisasikan program-program bersama lainnya dalam rangka upaya meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat terlebih di masa pandemi COVID-19,” ujarnya.

Kegiatan ini bertempat di Aula Kantor Pemerintah Kota Tanjungbalai dengan menghadirkan peserta pelajar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penyerahan secara simbolis pembukaan rekening diberikan kepada 5 orang perwakilan pelajar berprestasi yakni Nabila Wahyuni, Aidil Akbar, Melati Kusuma, Rahulia Sinaga dan Hafizah.

Hadir secara virtual pejabat dan narasumber dari OJK Kantor Regional 5 Sumbagut yakni Noor Hafid selaku Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Pimpinan Cabang PT Bank Sumut Tanjungbalai Ali Akbar Lubis beserta tim, dan pengurus dan panitia penyelenggara kegiatan yakni Rosidah selaku Kepala Bagian Perekonomian Kota Tanjungbalai, pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjung Balai dan perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini