-->

Dame Duma Sari Hutagalung: "Wabah Covid Belum Berakhir, Ikuti Protokol Kesehatan"

/

/ Minggu, 30 Agustus 2020 / 13.17 WIB

 

Medan--Pilarempat.com  |  Anggota DPRD Medan Dame Duma Sari Hutagalung tekankan kepada warga agar lebih fokus menjaga kesehatan. Disaat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini supaya setiap melakukan aktifitas agar mengikuti protokol kesehatan seperti pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak atau menghindari keramaian.


"Saat ini wabah pandemi Covid-19 masih mewabah dan belum berakhir. Kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan. Saya tekankan untuk tetap menjaga kesehatan. Kalau sudah terpapar Covid 19 tiada arti segalanya," ujar anggota DPRD Medan Dame Duma Sari Hutagalung.

Himbauan dan penekanan itu disampaikan Dame Duma Sari Hutagalung selaku politisi Gerindra asal daerah pemilihan (dapil) saat menggelar reses ke III masa sidang III Tahun 2020 daerah  di Jl Beringin II Kecamatan Medan Helvetia, Sabtu (29/8/2020). Hadir saat reses dari Dinas Pertanian dan Perikanan diwakili Kepala Budidaya ikan Gatot Pahlawan, Dinas PU diwakili Warsidi, Puskesmas Medan Helvetia dr Zulheri serta ratusan warga yang dibagi 3 sesi.

Selain itu kata Duma Sari Hutagalung, dampak dari pandemi Covid -19, tentu banyak warga Medan yang tidak melakukan aktifitas dan berdiam diri dalam rumah. Sehingga pendapatan ekonomi keluarga menurun bahkan terancam terpuruk.

Menyikapi kondisi demikian, Dame Duma Sari Hutagalung menyarankan agar masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman sayur dan ternak lele atau nila.

"Kita dorong Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan melakukan program Ketahanan Pangan Holtikultura dan Hidroponik. Warga supaya memanfaatkan program itu," saran Dame Duma Sari Hutagalung.

Disampaikan Dame Duma Sari yang saat ini duduk di komisi 4 DPRD Medan itu, untuk mendapatkan bibit tanaman dan ikan supaya menghubungi Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan di Jl Selambo Kelurahan Amplas Kecamatan Medan Amplas.

"Masa pandemi Covid saat, pemanfaatan lahan kosong pekarangan rumah sangat membantu ekonomi keluarga. Tanam sayur dan jenis tanaman lainnya serta ternak ikan membantu ekonomi keluarga," ujar Dame.

Pada kesempatan itu, pihak Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan yang diwakili Kepala budidaya ikan Gatot Pahlawan menyampaikan pihaknya benar menyiapkan bibit tanaman dan ikan secara gratis.

Menurut Gatot Pahlawan, untuk syarat mendapatkan bibit gratis sangat mudah. Membuat surat permohonan agar pihaknya turun ke lokasi. Tujuan cek lapangan untuk memberikan kelayakan jenis dan jumlah bibit yang diharapkan warga.

"Kita juga siap untuk melatih warga melakukan budidaya ikan dan tanaman. Pelatihan dan bibit juga gratis,. Kita harapkan warga membudidayakan tanaman holtikultura, hidroponik dan ikan dalam ember," sebut Gatot.

Masih dalam pelaksanaan reses, salah satu seorang warga Novia Pakpahan minta kepada Dame Duma Sari Hutagalung supaya memfasilitasi ke Pemko Medan pengadaan wadah tempat sampah disetiap lingkungan.

"Kita harapkan ada wadah tempat sampah sementara di lingkungan yang mudah terjangkau. Sehingga warga tidak lagi membuang sampah sembarangan atau ke sungai. Dengan demikian Medan cantik akan terwujud," ujar Boru Pakpahan. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini