-->

Doa Taqobballahu Minna Waminkum saat Hari Raya ‘Idul Fitri

/

/ Sabtu, 23 Mei 2020 / 23.39 WIB


(foto: ilustrasi-P4/tribunnews.com)

Dalam budaya Arab, ucapan yang disampaikan ketika menyambut hari Idul Fitri adalah Taqabbalallahu minna waminkum.

Kemudian menurut riwayat, ucapan nabi ini ditambahkan oleh orang-orang yang dekat dengan zaman nabi dengan kata-kata Shiyamana wa Shiyamakum.
Sehingga, bila digabungkan kedua kalimat itu, makan akan bermakna 'Semoga Allah SWT menerima amalan puasa saya dan kamu'.

Jika ingin menyampaikan pernohonan maaf lahir batin, bisa menggunakan doa berikut ini.

"As-alukal afwan zahiran wa bathina atau Kullu aam wa antum bikhair"
Artinya: Semoga sepanjang tahun Anda dalam keadaan baik-baik.
Adapun salah satu doa yang biasa diucapkan saat kita mengucapkan selamat idul fitri kepada orang lain adalah Taqabbalallahu minna wa minkum dan ada yang menjawabnya dengan minna waminkum taqabbal ya kariim.

Sementara dari sumber lain, Taqabbalallahu minna wa minkum dapat dijawab dengan doa yang sama, Taqabbalallahu minna wa minkum.
Jawaban ini seperti perintah Allah dalam Alquran,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal” (QS An Nisa’ : 86).

(foto: ilustrasi-P4/tribunnews.com)
Ucapan Idul Fitri 2020 ini merupakan kumpulan dari berbagai bahasa, baik Bahasa Indonesia, dan Bahasa Arab.

1.  1.  Idul Fitri menjadi momentum bagi kita untuk memulai menjadi pribadi yang lebih baik. Taqobbalallahu minna wa minkum. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin

2. Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

3. Takbir telah berkumandang. Memanggil jiwa-jiwa baru yang telah berhasil .
mengarungi satu bulan Ramadan penuh kesabaran, keikhlasan dan doa-doa.
Allahu akbar… Allahu akbar… Allahu akbar walilla ilham. Selamat idul fitri. Minal aidzin wal faidzin.

4. Selamat merayakan Idul Fitri 1441 hijriah. Menjadikan diri kembali suci penuh fitrah dalam silaturahmi yang penuh berkah.

5. Hari Raya Idul fitri akan segera tiba, jadi saya berharap Anda bahagia untuk merayakan! Semoga hari istimewa ini membawa kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan untuk semua orang. Selamat Idul Fitri.

6. Manusia paling mulia adalah manusia yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Di hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala kesalahan. Bersihkan hati sucikan diri. Selamat Lebaran.

7. Melati semerbak harum mewangi, sebagai hiasan di taman. Jika diri ada salah, mohon dimaafkan. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

.8. Dibeningnya hati ada keruhnya prasangka, disantunnya sapa ada celanya kata.
Mohon maaf Lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

9. Sucikan hati di hari nan fitri, bersama meraih kemenangan sejati.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir batin.

10. Satukan tangan dan teguhkan hati di hari penuh kemenangan ini untuk saling memaafkan dengan ikhlas. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.
11. Taqabbalallahu minna wa minkum, ja’alana minal a’idin wal fa’izin
Artinya : Semoga Allah menerima (puasa) kita dan menjadikan kita kembali (dalam keadaan suci) dan termasuk orang orang yang mendapatkan kemenangan.

12. Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kulla ‘amin wa antum bikhoir. Artinya : Semoga Allah menerima (puasa) kita dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan.

13. Ja’alanallahu wa iyyakum minal a’idin wal fa’izin wal maqbulin, kulla ‘amin wa antum bikhoir.

Artinya : Semoga Allah menjadikan kita kembali (dalam keadaan suci) dan termasuk orang orang yang mendapatkan kemenangan dan dikabulkan segala doa. Semoga setiap tahun kita senantiasa dalam kebaikan. [P4/tnc/net]


Komentar Anda

Berita Terkini