Ketua Fraksi PAN Medan : Harusnya Bantuan Masker Diberikan Merata Terlebih Dahulu, Baru Dilakukan Razia

/

/ Senin, 13 April 2020 / 09.30 WIB




PILAREMPAT.com-Medan |   Kewajib menggunakan masker saat berada di luar rumah di Kota Medan mendapat tanggapan dari Fraksi PAN Medan. Pasalnya, hari ini (Sabtu) di beberapa kelurahan, salah satunya di Kelurahan Bantan Kecamatan Medan Tembung, pihak Kelurahan bersama TNI-Polri melakukan razia masker dan menyuruh masyarakat agar pulang ke rumah yang tidak menggunakan masker.


Disuruh pulang karena tidak menggunakan masker saat razia itu, kata Ketua Fraksi PAN Medan, Edwin Sugesti Nasution, Sabtu (11/4/2020) sungguh disayangkan. Seharusnya Pemko Medan meringankan beban masyarakat bukan malah meresahkan.
“Harusnya bantuan masker diberikan secara merata terlebih dahulu baru dilakukan razia,”ujar Ketua Praksi PAN Medan itu.
Jika tidak, sambungnya, akan memberatkan masyarakat lebih-lebih dalam kondisi sosial prekomian masyarakat yang sudah terganggu.
Mnurutnya, mahalnya harga dan langkanya masker saat ini membebani masyarakat yang ekonominya sedang terpuruk, karena itu Pemko Medan harusnya meringankan beban masyarakat dan bukan malah meresahkan.
Menurut Edwin, Pemko Medan sudah mengeluarkan surat edaran nomor 440/292220 antara lain berbunyi, wajib pake masker bagi warga kota Medan dan cuci tangan serta jaga jarak.
Hal ini dinilai Edwin bagus, tapi harus dilengkapi faslitasnya, jika tidak masyarakat akan sulit menerapkannya karena persolaan ekonomi masyarakat yang terpuruk saat ini.
Terbukti, sebagaimana di media, Plt Walikota Medan ketika melakukan kunjungan ke pusat pasar di kota Medan melihat dan kecewa masih banyak yang tak pake masker, walau sudah menghimbau kepada seluruh pedagang dan pengunjung yang datang untuk mencuci tangan dan mewajibkan penggunaan masker. Jika tidak, maka tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam pasar.
Sebelumya telah menginstruksikan kepada PD Pasar terutama Satpol PP Kota Medan untuk melakukan patroli dan razia penggunaan masker di pasar-pasar Kota Medan. Sebab, pasar menjadi salah satu lokasi berkumpulnya warga yang dinilai rentan terhadap penyebaran Covid-19.
Namun nyatanya, menurut politisi PAN Medan ini, hingga saat ini masih banyak masyarakat ke luar rumah yang tidak pake masker, karena ketiadaan. Mengapa? masker itu tidak cukup satu yang terus menerus dipakai jika masyarakat dibebankan membeli ya keberatan.
Untuk itu, Edwin berharap jika ada bantuan masker dari berbagai pihak agar segera diberikan kepada masyarakat.Misalnya, bantuan masker yang diterima Sumut agar segeralah disalurkan terima untuk kota Medan.
“Kita membaca dari sejumlah media bantuan masker sudah berdatangan baik dari pemerintah pusat maupun pihak lainnnya, misalnya dari Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat China sebanyak 5.000 masker dan lainnya,”ujarnya..
Sebelumya, Fraksi PAN DPRD Medan ketika Rapat koordinasi fraksi dengan pimpinan dewan telah menyetujui pergeseran mata anggaran di OPD Pemko Medan dan skretariat DPRD Medan untuk menangani pencegahan penyebaran virus corona di Kota Medan.
Saat itu, fraksi PAN dalam pengusulannya meminta Pemko Medan menyiapkan Masker dan Rapid Test untuk Masyarakat di kota Medan dalam rangka meringankan beban berat dan kecemasan yang diderita masyarakat saat ini. (P4)
Komentar Anda

Berita Terkini