-->

Belajar dari Rumah, Anggota DPRD Medan: Sekolah Harus Subsidi Pulsa Internet Siswa

/

/ Senin, 13 April 2020 / 09.04 WIB


PILAREMPAT.com-Medan| Anggota DPRD Medan, Antonius Nevolis Tumanggor meminta seluruh sekolah untuk menyesuaikan penggunaan dana BOS di musim pandemi virus corona sesuai arahan Mendikbud. Politikus Partai Nasdem ini menyebut Mendikbud telah mengeluarkan pernyataan bahwa penggunaan dana BOS bisa dialihkan untuk subsidi biaya pulsa internet bagi guru dan siswa.

“Sekarang kegiatan belajar mengajar sistem daring (online). Berarti dana BOS untuk listrik AC dan air tidak dipergunakan dan bisa dialihkan subsidi pulsa internet,” katanya, Jumat (10/4/2020).
Dari pantauannya kebutuhan pulsa internet bagi seorang siswa mencapai Rp 50 ribu setiap pekannya. Artinya dalam sebulan dibutuhkan anggaran per siswa Rp 200 ribu.
Dengan adanya arahan Mendikbud tersebut, Antonius meminta seluruh pengelola sekolah baik negeri maupun swasta mengeksekusinya. Agar lebih praktis, ia menyarankan agar pengalihan dana BOS untuk pulsa internet disubtitusikan melalui pengurangan uang SPP.
“Jadi kalau kita ikuti arahan Mendikbud itu sebenarnya setiap sekolah bisa memberikan pengurangan SPP Rp 200 ribu per bulan selama proses belajar sistem online berjalan,” terangnya anggota dewan yang duduk di Komisi IV itu.
Menurutnya, hal itu harus menjadi perhatian pengelola sekolah, apalagi sudah ada arahan Mendikbud dan di Kota Medan sudah ada sekolah yang memberikan diskon 25% uang SPP.
“Banyak orang tua siswa yang mengeluh dan menyuarakan permintaan diskon SPP. Mengapa Sekolah Methodist 5 bisa memberikan pengurangan? Itu karena mereka memiliki kepekaan. Seharusnya pengelola sekolah lain juga berbuat yang sama,” tegasnya.
Seperti diketahui sejak beberapa pekan lalu Pemko Medan meniadakan aktivitas belajar mengajar di sekolah. Keputusan ini diambil untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Proses belajar mengajar dialihkan dengan menggunakan metode daring atau online. (P4)
Komentar Anda

Berita Terkini