-->

Direktur Poltan Tanjungbalai Serahkan Piagam Penghargaan kepada Alumni 2018

/

/ Selasa, 17 Maret 2020 / 00.32 WIB




PILAREMPAT.com - TANJUNGBALAI : Dalam bayangan banyak orang,menjadi petani pastilah bergelumang dengan kotoran,karena bergelut dengan tanah dan tanaman yang dibudidayakan.
Belum lagi repotnya membasmi serangan tumbuhan pengganggu atau gulma hingga bermacam hama yang mengancam tanaman.

Namun tidak bagi pemuda 26 tahun ini. Menjadi petani "zaman now" tanpa harus kotor-kotoran dan panas-panasan sudah jadi prinsipnya dalam mengembangkan usaha pertanian.

Pemilik nama lengkap Ari Ramadhan, A.Md atau orang-orang yang bergaul dengannya kerap memanggil dengan sebutan Ari, bisa dibilang menjadi petani muda Melalui pertanian modern hidroponik,sehingga menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejaknya jadi petani zaman now yang terus berkreasi dan berbagi.

Diketahui hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Hidroponik cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas dan juga minim area lahan karena tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.

Kesuksesan Ari tentu tidak terwujud semudah membalik telapak tangan. Kegagalan demi kegagalan pernah menimpanya merintis usaha.

Budidaya tanaman hidroponik saya mulai awal Nopember tahun 2018,ucap Ari ketika ditemui di kebun budidaya tanaman hidroponik binaannya.di Jalan PT Timur Jaya Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Jumat,(14/3/2020)

Diungkapkan,awal mula tercetus ide untuk budidaya tanaman hidroponik sejak dirinya sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Kampus Politeknik Tanjungbalai.

Beranjak dari situlah Ari berpikir bagaimana caranya menanam di lahan sempit,semenjak dirinya lulus tahun 2018 dari Poltan Tanjungbalai,mulailah dia membuat garden yang ditanami bunga bunga.

Alhamdulillah, sejak dirinya mendapat perhatian dan suntikan dana dari Ketua TP-PKK Kota Tanjungbalai Hj.Silvisa Novita,saya berpikir untuk menanam yang dapat menghasilkan uang,tuturnya.

Upaya yang dilakukan Ari ini rupanya menjadi perhatian Direktur Poltan Tanjungbalai,Budi Dharma,ST.M.eng,dihari yang sama,Direktur beserta rombongan dan sejumlah Mahasiswa Politeknik Kota Tanjungbalai berkunjung ke lokasi untuk menyerahkan piagam penghargaan sebagai Alumni Poltan Produktif dan Inovatip. selain menyerahkan piagam,Budi Dharma beserta rombongan melakukan beberapa pertanyaan pertanyaan terkait tanaman hidroponik.

"Kita sangat mengapresiasi kepada Ari Ramadhan,yang telah melakukan budi daya tanaman hidroponik,ditambah upayanya tersebut mendapat perhatian dari Ketua TP-PKK Kota Tanjungbalai,tandasnya. (P4/Rimanto)

Komentar Anda

Berita Terkini