-->

Bupati Tapteng Dukung PWI Cetak Wartawan Kompeten

/

/ Rabu, 04 Maret 2020 / 23.06 WIB



Pilarempat.com- Sibolga : Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani mendukung pelaksanaan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut bekerjasama dengan PT. Agincourt Resources Tambang Emas Martabe, di Sibolga 4-5 Maret 2020.

Kompetensi wartawan sangat penting dalam rangka pembuatan berita yang baik, berkualitas, terpercaya dapat mendukung keberhasilan pembangunan nasional dan daerah,kata Bakhtiar Sibarani dalam sambutannya pada UKW Angkatan XXX/2020, di Hotel PIA Pandan Sibolga-Tapteng, Rabu (4/3/2020).

Karena pentingnya kompetensi wartawan, Bupati menunjukkan bukti dukungannya dengan memberi bantuan berupa dana hibah kepada PWI Tapteng/Sibolga untuk melaksanakan program pembinaan dan peningkatan kualitas wartawan.

“Tolong ajukan program kerja, nanti saya bantu melalui APBD tapi ada pertanggung-jawabannya,” tegas Bupati.

Menurut Sibarani, posisi dan peran media sangat strategis. Media dapat menggagalkan pembangunan daerah apabila seluruh media sama-sama memberitakan hal-hal yang buruk. Termasuk. juga dapat meruntuhkan negara ini.

“Begitu sebaliknya, pembangunan daerah bisa berhasil apabila media memberitakan hal-hal positif sehingga melahirkan partisipasi dan dukungan terhadap pembangunan,” ujarnya.

Namun, kritikan dari media juga diperlukan untuk perbaikan terhadap hal-hal yang keliru dan salah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Bupati juga mengungkapkan pembangunan di Tapanuli Tengah seperti rumah sakit yang memberi kemudahan pelayanan kesehatan,pendidikan,infrastruktur dan pariwisata.Termasuk pemberantasan narkoba.

“Hendaknya wartawan melalui berita dapat membantu Bupati dalam pemberantasan narkoba dan judi. Mari sama-sama kita berantas, kalau wartawan mau bersama-sama, mudah kita berantas narkoba,” ungkapnya.

Misalnya, lanjut Bupati, kalau jalan rusak wartawan memberitakan sehingga cepat sampai informasinya ke provinsi dan pusat.

Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Umum Atal Depari dan Tambang Emas Martabe penyelenggara UKW di Sibolga. Ke depan, katanya, PT.Agincourt Resources dapat membantu peningkatan SDM melalui CSR apalagi perusahaan ini akan mengembangkan usahanya di Tapteng.

“Pihak perusahaan sudah bertemu saya untuk minta izin,” kata Sibarani lagi.
Ketua Umum PWI Pusat, Atal Depari mengharapkan peran wartawan mendukung keberhasilan pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah. Melalui kompetensi wartawan pak bupati dapat terbantu membangun daerahnya.

“Artinya,  tulisan yang dibuat oleh wartawan kompeten dapat menjadi dorongan percepatan pembangunan,”  ujar Atal. (P4/rilis)

Komentar Anda

Berita Terkini