-->

BI: 106.000 Merchant Gunakan QRIS di Sumut

/

/ Rabu, 18 Maret 2020 / 08.09 WIB


  


PILAREMPAT.com-MEDAN :  Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sumut Wiwiek Sisto Widayat didampingi Direktur BI Sumut, Andiwiana mengatakan hingga kini sudah 106.000 merchant menggunakan QRIS [Quick Response Indonesia Standard] di Sumut.

Hal itu disampaikannya pada acara puncak Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (15/3/2020). Acara itu diikuti 700 peserta sepeda santai yang merupakan anggota BMPD Sumut di Lapangan Benteng.
"QRIS diharapkan semakin dikenal dan digunakan masyarakat Sumut. Kami target akhir Maret mencapai 150 ribu dan akhir Juni mendatang mampu mencapai 200 ribu merchant," ujanya.
Terkait kasus virus corona atau Covid-19, Wiwiek mendorong masyarakat menggunakan uang nontunai (dompet digital) karena tidak harus memegang uang dan tidak bersentuhan tangan. Sehingga hal ini dapat mencegah penyebaran Covid-19 .
"Ke depan, BI akan terus melakukan sosialisasi ke beberapa kabupaten/kota terkait implementasi QRIS ini diantaranya Kabupaten Langkat, Kota Binjai, dan Kota Tebing Tinggi," katanya.
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) , Edy Rahmayadi pada kesempatan itu mengatakan, selain mudah, penggunaan QRIS sebagai satu dari sekian banyak upaya antisipasi melawan virus corona yang tengah mewabah.
Untuk itu Gubsu mengimbau masyarakat yang belum menggunakan fasilitas transaksi perbankan secara online (daring) agar beralih ke non tunai.

Sedangkan Hidayatullah, Anggota Komisi XI DPR RI berharap agar QRIS dapat diimplementasikan semakin meluas demi masyarakat yang lebih maju. (P4)



Komentar Anda

Berita Terkini