-->

Kepala LLDikti SumutTertarik Mobil Irit Produk Inovasi Mahasiswa Teknik Mesin ITM

/

/ Rabu, 26 Februari 2020 / 12.06 WIB



Pilarempat.com-Medan : Pekan Pendidikan Tinggi Sumatera (PPTS) 2020 tak hanya sebagai ajang sosialisasi bagi Perguruan Tinggi (PT) sehat dan legal. Kegiatan PPTS) 2020  ini  juga menampilkan karya inovatif mahasiswa dan keunggulan  produk PT, yang dilaksanakan di Mall Ringroad Citywalks, Jalan Gagak Hitam Medan.
Pada pameran itu Institut Teknologi Medan (ITM) ikut berpartisipasi dalam kegiatan diperuntukkan bagi PT dan siswa SMA sederajat di Sumut.
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara (Sumut), Dian Armanto menyatakan kekagumannya terhadap produk inovasi dan kreasi mahasiswa ITM. Salah satunya, mobil irit Teknik Mesin ITM yang jadi ikon berkelas dunia.
Bahkan, ia juga memesan produk kreasi mahasiswa Teknik Sipil ITM berupa lukisan wajah dibuat dengan cara unik dari bahan tautan tali.
“Di pameran ini setiap PT punya ciri-ciri kekhususan dengan sejumlah produk yang mereka kembangkan. Saya kagum dengan  mobil irit Teknik Mesin ITM yang sudah jadi ikon berkelas dunia ini,” kata Dian saat meninjau stand ITM.
Dia menyebutkan, pameran itu merupakan wadah memberi layanan informasi kepada masyarakat bahwa mereka itu kampus tepat untuk pelajar sebagai calon mahasiswa sesuai kompetensi minat, bakat dan juga sesuai ciri dari produk di hasilkan setelah lulus.
Ditegaskan Dian, kegiatan ini penting karena merupakan bagian dari akuntabilitas publik, yakni bagaimana PT bisa menunjukkan kepada masyarakat menyelenggarakan pelayanan pendidikan kepada mahasiswa dan dosen dalam bentuk produk mereka buat.
Mobil Irit yang Membanggakan
Sementara itu, Kepala Humas ITM, HM Vivahmi menyebutkan, berbagai karya mahasiswa dipamerkan dalam PPTS 2020. Mobil irit made in alias buatan ITM pernah diperlombakan di ajang kompetisi mobil irit berkelas dunia telah menjadi ikon di program studi teknik mesin dan kebanggaan Indonesia. Ini karena di luar dugaan mampu menjadi mobil ke dua tercepat dalam technical inspection.
Pada ajang Shell Global/Shell Eco-Marathon (SEM) SEM Asia 2019, tim mobil irit ITM hanya mentarget finish peringkat 2 kelas ICE proto type diesel dan berada pada 20 mobil terbaik Asia di kelas ICE Campuran dan kedua target ini bisa dicapai saat itu.
“Kita bangga karena mobil irit ITM menjadi salah satu produk inovasi mahasiswa Teknik Mesin yang memiliki visi ke depan, unggul dengan PT lainnya dan senantiasa tak gentar menghadapi berbagai even nasional dan internasional khususnya di bidang kompetensi mahasiswa,” ungkap Vahmi. (P4/relis)


Komentar Anda

Berita Terkini