Kuliah Umum Kepala BI Lhokseumawe: Tantangan Ekonomi Global dan Kawasan di Era Industri 4.0

/

/ Rabu, 11 Desember 2019 / 23.25 WIB


PILAREMPAT.COM, LHOKSEUMAWE | Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor  Perwakilan  Lhokseumawe, Yufrizal memberikan  kuliah umum, di IAIN Lhokseumawe, Rabu, 11 Desember 20181.


Yufrizal mengatakan, kehadiran BI di secara tersebut sebagai wujud nyata peran Bank Indonesia untuk ikut serta dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya, kegiatan kuliah umum untuk menambah wawasan serta memberikan informasi  tentang perkembangan terkini khususnya di dunia perekonomian.

Kuliah umum dengan tema “Tantangan Ekonomi Global dan Kawasan di Era Industri 4.0”  diawali dengan pemaparan tentang masa keemasan Provinsi Aceh beberapa tahun silam, bahwa Provinsi Aceh adalah satu-satunya provinsi yang terdapat 1 pasangan suami-istri pahlawan yang terdapat dalam pecahan uang rupiah.

Selanjutnya, Yufrizal menyampaikan tentang kondisi perekonomian global dimana indikator menunjukkan tahun 2019 banyak negara mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi. Pada level ekonomi kawasan, Provinsi Aceh menghuni peringkat ke-3 dari bawah terkait pertumbuhan ekonomi nasional. Namun, beberapa kabupaten/kota di bawah wilayah kerja KPw BI Lhokseumawe menunjukkan pertumbuhan di atas rata-rata provinsi yaitu Kabupaten Aceh Utara & Kota Langsa.

Lanjut Yufrizal, dalam kancah perekonomian digital, Provinsi Aceh sejatinya memiliki peluang yang cukup besar untuk berkembang. Jumlah penduduk serta pengguna internet seharusnya dapat menjadi motor penggerak ekonomi digital. 
"Namun beberapa indikator ekonomi digital, khususnya fintech dan e-commerce, menunjukkan Aceh masih tertinggal dibandingkan provinsi lain di Aceh," ujarnya.  [P4/ril]


Komentar Anda

Berita Terkini