H.M Syahrial Inspirasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa

/

/ Rabu, 11 Desember 2019 / 07.37 WIB




PILAREMPAT.COM, TANJUNGBALAI | H.M Syahrial menginspirasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa. Menjadi Wali Kota Termuda di Indonesia, tidak menjadi kendala H.M Syahrial SH,MH yang saat ini menjabat Wali Kota Tanjungbalai.

Sebagai Wali Kota Termuda tidak mengurangi beliau untuk memotivasi dan membangkitkan energi positif generasi muda. Sebagai seorang praktisi dan profesional dibidangnya,Syahrial memberikan pandangan dan pemikiran kepada mahasiswa/wi Universitas Dharmawangsa, Medan tentang kepemimpinan di era milineal "Muda Memimpin", dalam Kuliah Umum dihadapan mahasiswa, Senin (9/12/2019) malam, di Aula Universitas Dharmawangsa, Jl. KL Yos Sudarso No.224, Glugur, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara,

Dihadapan ratusan mahasiswa, Syahrial menjadi keynote speaker tunggal dan memaparkan materi yang berjudul "Kepemimpinan di Era Milineal, Muda Memimpin". Ditempat itu,dirinya sukses mencuri perhatian dan antusias para generasi biru calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia itu.

Dijelaskan,menjadi pemimpin muda di era milenial saat ini adalah pemimpin tersebut harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, negara negara maju dan memiliki pemimpin yang berhasil memanfaatkan perkembangan teknologi dan mampu merangkul semua pihak tanpa terkecuali.

"Pemimpin yang baik (Good Leader) dibekali prinsip Smart atau cerdas sebagai tujuan dalam memimpin, berpengaruh bagi orang lain, semangat dan mampu merangkul semua pihak/memberdayakan orang lain," tutur Syahrial.

Diungkapnya lagi, pada awal kepemimpinan sebagai Wali Kota Tanjungbalai, dia mengoptimalkan kekuatan besar, yaitu partisipasi masyarakat dalam membantu pemerintah membangun Kota Tanjungbalai melalui Visi Pemerintah Kota Tanjungbalai "BERSIH" : Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis.
“Di tahun ke-1 dan ke-2 saya dan Wakil Wali Kota membangun budaya dan mindset masyarakat untuk sadar dan berpartisipasi membangun Kota Tanjungbalai, melalui berbagai inovasi dan mensinergikan program tersebut dengan program Pemerintah Pusat ditengah keterbatasan dana pembangunan. Di tahun ke-3 dan ke-4, baru kami fokus membangun Infrastruktur diantaranya Jalan Lingkar Utara, Jalan Lingkar Selatan, teknologi smart city, melalui berbagai aplikasi pelayanan publik," terangnya.


Dengan adanya strategi tersebut target pembangunan Kota Tanjungbalai yang tertuang dalam RPJMD selama 5 tahun. Tepat kiranya visi "Kota Tanjungbalai BERSIH" dapat dilaksanakan dengan efektif oleh dirinya.

“Dalam waktu yang tidak lama lagi, Indonesia akan dihadapkan pada bonus demografi, dimana penduduk produktif lebih banyak dibandingkan penduduk non produktif. Ini sejatinya akan menjadi potensi luar biasa bagi bangsa ini, karena banyak angkatan kerja produktif melimpah. Namun keadaan ini bisa berbalik menjadi bencana jika, generasi muda kita sedari dini tidak dipersiapkan dengan baik, baik mental, spiritual, hardskill dan softskillnya. Jangan jadikan diri kalian bagian dari bencana bonus demografi, namun jadikan diri kalian anugrah dari bonus demografi, karena memiliki keterampilan dan daya juang tinggi,” terangnya.

Dijelaskan Syahrial,  jiwa dan semangat generasi muda harus dipompa dan dibangkitkan sedini mungkin, sehingga kalian memiliki arah dan visi untuk menatap masa depan. Ingat, kalian adalah cikal bakal pemimpin masa depan. Jadikan diri kalian sebagai bagian pemuda yang akan membangun bangsa ini. Pergunakanlah kesempatan menuntut ilmu di kampus menjadi ajang untuk persiapan tersebut,”

“Banyak lulusan sarjana saat ini menganggur karena tidak memiliki mental. Mereka cenderung menjadi pemilih dan selalu berpikir gampang, masuk zona nyaman. Jika ingin menguasai masa depan, generasi muda harus memiliki sifat jujur, disiplin, dan menguasai teknologi. Selain itu kalian harus perkuat dengan pendidikan vokasi. Perkuat keterampilan untuk memback-up kelimuan yang dikuasai saat ini, seperti keterampilan IT, bahasa. Jangan pernah berpikir untuk jadikan kampus sebagai patokan keberhasilan,”tandasnya.

Kegiatan ini dibuka dan dihadiri oleh Rektor Universitas Dharmawangsa Rektor : Dr. H. Kusbianto, SH, MHum, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ketua Program studi Ilmu Ekonomi Pembangunan dan jajaran Civitas Akademika Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Dharmawangsa. (P4/Rimanto)

Komentar Anda

Berita Terkini