Pemilihan Ketua OSIS SMPN 7 Kota Tanjungbalai Digelar

/

/ Jumat, 01 November 2019 / 11.53 WIB





PILAREMPAT.COM, TANJUNGBALAI | Perkembangan teknologi dimanfaatkan sekolah untuk menerapkannya pada berbagai kegiatan. Termasuk pemilihan ketua OSIS dengan memanfaatkan e- voting atau pemilihan secara elektronik.SMPN 7 Kota Tanjungbalai, Rabu (30/10/2019) menggelar kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dengan sistem e-voting berbasis online.

Pantauan di lapangan, sekitar pukul 08.00 WIB, siswa mulai berdatangan di halaman sekolah. Suasananya mirip pemilihan umum (pemilu). Bedanya, tidak ada surat suara ataupun kertas yang perlu dicoblos. Semua serba digital.

Bilik suara, bukan lagi berisi bantalan untuk mencoblos. Hanya ada komputer untuk memilih satu ketua dan wakil ketua OSIS periode 2019-2020 sesuai hati nuraninya.
Proses pemilihan berjalan cukup singkat. Karena hanya butuh waktu tidak lebih dari 2 menit dari tiap siswa di dalam bilik untuk menentukan pilihannya. Bahkan hasilnya terpampang secara real time.

Kepala Sekolah SMPN 7, Sri Gunawan Tarigan,SPd menjelaskan, pemilihan ketua OSIS dengan sistem tersebut, baru pertama kali dilakukan. Sebelumnya pemilihan masih bersifat manual. Siswa datang ke bilik dan mencoblos salah satu kandidat. Kemudian, panitia juga harus melakukan penghitungan.

“Perlu beberapa waktu untuk mengetahui siapa pemenangnya. Sementara, dengan e-voting, baik pemilih maupun kandidat bisa langsung mengetahui hasilnya dengan layar yang ditampilkan alias quick count. Meski demikian, persiapan yang dilakukan juga  tidak asal-asalan,” ujarnya.



Agar tidak terjadi kesalahan saat pemilihan, guru-guru SMPN 7 telah melakukan riset dan membuat aplikasi pemilihanya sendiri. Sebelum diterapkan, aplikasi itu sebelumnya telah diuji cobakan.


“Kita memberdayakan SDM yang ada. yaitu dengan menggunakan aplikasi yang dibikin oleh guru guru. kemudian diuji coba ke anak anak osis Alhamdulillah hasilnya lancar,” tuturnya.

Pada kesempatan itu komisioner KPUD Kota Tanjungbalai Gustan Pasaribu,Ssos saat menghadiri kegiatan tersebut mengatakan,sistem bernegara yang salah satunya dengan melakukan pemilihan umum, apa yang dilakukan pihak SMPN 7 merupakan satu pembelajaran berdemokrasi yang baik,jujur,adil bagi usia anak sekolah.

Sementara yang mewakili Plt Kadis Pendidkan Fitriandy,S.Pd mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dikatakannya,untuk di Kota Tanjungbalai kegiatan e-voting pemihan Ketua OSIS ini, baru pertama sekali di laksanakan,oleh sebab itu kita berharap untuk sekolah lain dapat menerapkan,ucapnya.

Dari penjaringan Program Kompetensi ada tiga pasang kandidat,masing masing,Fajar Ramadhani kelas VII A, berpasangan dengan Munawar kelas VII.d,Sunardi kelas VIII.d berpasangan dengan Rizki Aditya kelas VII.f serta Widya Rahma kelas VIII.f berpasangan dengan Azzahra Ganiatur Ilmi kelas VIII.b.dengan jumlah pemilih sebayak 540 siswa ditambah 52 guru Tata Usaha.(P4/Rimanto)

Komentar Anda

Berita Terkini