Wali Kota : Ini Komitmen Pemko Medan Untuk Majukan UMKM

/

/ Kamis, 10 Oktober 2019 / 00.33 WIB





PILAREMPAT.COM, BOGOR | Ada prestasi membanggakan dirah Wali Kota Medan , Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH di awal Oktober 2019. Dinilai berhasil dalam mendorong sekaligus memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan, orang nomor satu di Pemko Medan itu kembali mendapatkan penghargaan Natamukti 2019 dari Kementrian Koperasi dan Usaha kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia.

Penghargaan membanggakan hasil kerjasama Menkop & UKM dengan International Council for Small Buniness (ICSB), diserahkan Sekretaris Menkop dan UKM RI Prof  Dr H Rully Indrawan MSi dan didampingi Chairman ICSB Hermawan Kartajaya kepada Wali Kota di Institut Pertanian Bogor (IPB) Cinvention Centre Jalan Padjajaran, Kota bogor, Senin (7/10/2019).

Prestasi ini merupakan kali ketiga yang diraih Wali Kota dalam kurun tiga tahun berturut-turut, setelah di  tahun 2017 dan 2018 mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu juga berhasil meraih penghargaan serupa. Keberhasilan ini tentunya sebagai bukti komitmen Wali Kota yang terus berupaya memajukan UMKM diibukota Provinsi Sumatera Utara melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemko Medan.

Menurut Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, penentuan penerima Penghargaan Natamukti melalui proses panjang. Dimulai dari riset yang dilakukan tim ICSB dari berbagai daerah, yang kemudian dilanjutkan dengan diverifikasi di lapangan oleh tim ahli ICSB. Setelah melalui penilaian yang dilaksanakan tim ahli ICSB, akhirnya terpilih sejumlah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk Kota Medan untuk menerima Penghargaan Natamukti.

Ada tiga kategori Penghargaan Natamukti yang diberikan yakni Natamukti, Natamukti Nindya Ganapravara dan Natamukti Nindya. Untuk Kota Medan, kategori yang diterima Penghargaan Natamukti sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas keberhasilan Wali Kota dalam upaya memasarkan produk UMKM daerah. Kemudian mendorong peningkatan kualitas produk serta berkomitmen penuh dalam membangun ekosistem UKM di daerahnya

“Semoga dengan penghargaan yang diberikan ini dapat menjadi inspirasi para institusi pemerintah lain untuk memajukan UMKM di daerahnya masing-masing,” kata Hermawan.

Usai menerima Penghargaan Natamukti 2019, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang baru diterimanya tersebut. Dikatakannya, Penghargaan Natamukti 2019 tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan penuh serta komitmen dari semua pihak dalam memajukan dan mengembangkan UMKM di Kota Medan.

Alhamdulillah, Kota Medan tahun ini  kembali mendapatkan Penghargaan Natamukti yang ketiga dalam tiga tahun berturut-turut. Hal ini tentu menjadi motivasi kepada kita semua, dan penghargaan ini akan saya dedikasikan kepada seluruh warga Medan khusus kepada seluruh pelaku UMKM yang terus memproduksi barang-barang khas Kota Medan yang dapat bersaing dengan produk-produk daerah bahkan negara lain,” ujar Wali Kota.

Tidak hanya motivasi, penghargaan ini juga menjadi bagian dari lecutan semangat Wali Kota untuk terus meningkatkan ekosistem UMKM serta kualitas produk sehingga mampu memasarkan produk lokal Kota Medan baik di taraf nasional maupun mancanegara. Untuk itu, Wali kota mengingatkan kepada  seluruh jajarannya, terutama OPD terkait agar tidak cepat puas dengan penghargaan yang diterima tersebut.

"Justru keberhasilan itu dijadikan spirit untuk terus melayani dan membina seluruh pelaku UMKM yang ada di Kota Medan agar mampu meningkatkan kualitas produk dan penguatan ekosistem UMKM sehingga mampu memasarkan produknya hingga ke seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Dengan demikian UMKM di Kota Medan akan lebih maju sekaligus menggeliatkan perekonomian," paparnya.

Apalagi tegas  Wali Kota, UMKM merupakan komponen penting agar roda perekonomian tetap stabil yang berimplikasi dalam mendukung upaya percepatan pembangunan kota. 

“Jadi  kita semua memiliki tanggungjawab dalam mendukung kesuksesan UMKM di Kota Medan. Untuk itu, kepada seluruh jajaran dan OPD terkait, saya berpesan untuk meningkatkan kinerja dan komitmen agar senantiasa melakukan pembinaan pada pelaku UMKM agar mereka dapat berkompetensi serta memiliki pengetahuan yang mumpuni. Hal ini mutlak dibutuhkan agar pelaku UMKM dapat lebih inovatif dan terampil dalam menghasilkan produk usaha sehingga dapat lebih dikenal," pesannya. [P4/sya]


Komentar Anda

Berita Terkini