Mudik Gratis Lebaran 2018, PTPN IV Berangkatkan 1.000 Pemudik

/

/ Minggu, 10 Juni 2018 / 15.38 WIB



PILAREMPAT.com | PT Perkebunan Nusantara atau PTPN IV, Sabtu, memberangkatkan 1.000 pemudik gratis ke beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Utara seperti Rantauprapat, Sidempuan dan Lhokseumawe, Aceh mendukung program Mudik Gratis BUMN 2018.

"Jumlah itu sesuai target PTPN IV dalam Program Mudik Gratis Idul Fitri 2018," ujar Direktur Utama PTPN IV, Siwi Peni, di Medan, Sabtu (9/6/2018).

Dia mengatakan itu usai acara pemberangkatan pemudik itu dengan 25 bus yang disediakan PTPN IV dari kantor direksi, di Jalan Letjen Suprapto, Medan.

Siwi menjelaskan, program yang dilakukan PTPN IV tersebut sesuai arahan Kementerian BUMN dalam cakupan BUMN Hadir Untuk Negeri.

Masyarakat yang ikut program mudik gratis iru sebelumnya mendaftarkan diri ke PMO Program Kemitraan Bina Lingkungan atau PKBL PTPN IV dengan melampirkan fotocopy KTP dan Kartu Keluarga sejak 5 hingga 31 Mei 2018.

Pemudik Mudik Bareng Guyub Rukun itu berasal dari kota Medan dan sekitarnya .

Menurut Siwi Peni, dalam menyambut mudik Lebaran 2018, Kementerian BUMN kembali menggelar program mudik gratis dengan menyediakan 200.000 kursi dengan melibatkan perusahaan BUMN.

Program mudik bareng gratis itu dilakukan dengan tiga jenis angkutan yaitu bus, kereta api dan kapal laut.

Siwi Peni mengatakan, program Mudik Gratis itu bertujuan untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi yang lebih nyaman dan aman.

Harapannya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan yang menggunakan sepeda motor.

"Saya berharap program mudik gratis ini dapat memberi berkah bagi PTPN4 dan bermanfaat untuk masyarakat dan dapat terus berlanjut setiap tahun," ujarnya.

Project Manager Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN4, Riza Fahlevi Naim melaporkan program Mudik Gratis BUMN 2018 ini menindaklanjuti Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-30/MBU/01/2018 tanggal 22 Januari 2018.

Serta surat Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Nomor 3.06/ PTPN/ 242/ 2018 tanggal 6 Maret 2018.

Target program Mudik Gratis BUMN 2018 yang sebanyak 200.000 pemudik itu naik 69,18 persen dibanding tahun 2017.

"Keikutsertaan holding Perkebunan Nusantara sendiri baru dimulai tahun ini dan PTPN4 ikut serta," katanya.

Riza menjelaskan, dari 1.000 pemudik, jumlah peserta mudik terbanyak ke Padangsidempuan (via Sipirok) 600 orang disusul ke Rantauprapat 360 dan Lhokseumawe 40 pemudik.

Selain gratis, ujar Riza Fahlevi Naim, pemudik diberikan "goody bag" yang berisi kaos, topi, makanan ringan, air mineral dan obat-obatan ringan.

Peserta mudik dengan tujuan Padangsidempuan, Uswatun Hasanah Hutasuhut mengaku senang dan beruntung bisa ikut dalam program mudik gratis PTPN IV.

"Selain gratis, dapat souvenir dan diyakini lebih aman dan nyaman," ujar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara jurusan administrasi bisnis.

Mahasiswi semester II itu mengaku mendapat informasi program tersebut dari temannya yang mengetahui program tersebut dari pemberitaan media massa. [P4]

Komentar Anda

Berita Terkini