Resmikan Kantor Baru, OJK KR 5 Optimis Peningkatan Ekonomi Sumut

/

/ Senin, 26 Februari 2018 / 15.18 WIB
Gubsu T Erry bersama Dewan Komisioner OJK RI, Wimboh Santoso, didampingi Kepala OJK Regional 5, Lukdir Gultom dan Direktur Pengawasan Perbankan OJK KR5, Mulyanto saat meresmikan Gedung/Kantor baru OJK KR5 Sumbagut di jalan Gatot Subroto Medan. (foto;P4)

PILARempat.com- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KRS 5 Sumbagut, yang mengawasi lembaga keuangan maupun non keuangan serta perbankan dan juga meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, optimis pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara maju pesat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala OJK KRS 5 Sumbagut, Lukdir Gultom, dalam sambutannya pada peresmian kantor OJK Regional 5, di Jalan Gatot Subroto No.180 Medan, Senin (26/2/2018).

Dikatakannya, kantor yang baru dengan luas 2.895 m² tersebut menjadi faktor pendukung pelaksanaan tugas dan fungsi OJK oleh 59 pegawai organik, 1 PKWT dan 29 THOS yang saat ini dimilik OJK KRS5 Sumbagut.

“Terimakasih kepada kantor BI Sumut yang telah memberikan fasilitas kepada OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara dalam melaksanakan kegiatan operasional yang sebelumnya menumpang di gedung BI Sumut. Ini merupakan salah satu upaya OJK dalam memperkuat perannya di daerah dan maupun provinsi Sumut, Sumatera Barat, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau,” kata Lukdir Gultom.

Secara rinci, Gultom juga menuturkan, pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara untuk tahun 2017 sebesar 5,12% dengan vitalitas KR5 semakin tinggi di antara pertumbuhan ekonomi beberapa kota lainnya (Aceh, Riau dan Kepri), kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional bersumber dari pulau Sumatera sebesar 21,66% atau tertinggi ke-2 setelah pulau Jawa sebesar 58,49%.

Dalam perkembangan data pertahunan yang terus pesat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5, yakin untuk penguatan fungsi dan pelaksanaan tugas dengan didukung seluruh stakeholder dan pemerintah dapat memajukan perekonomian Sumut.

Untuk itu, OJK akan mensinergikan 4 program utama antara pemerintah daerah dan industri jasa keuangan, yaitu dalam rangka pembiayaan proyek infrastuktur di daerah, pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah, perluasan akses keuangan masyarakat kecil berbunga rendah dan edukasi perlindungan konsumen.

Dewan Komisioner OJK RI, Wimboh Santoso, juga menekankan bahwa tujuan kemajuan perekonomian di wilayah Sumabagut nantinya akan diemban oleh OJK Regional 5 yang dikepalai Lukdir Gultom untuk memenuhi janji tersebut.

“Janji dan bukti ini nantinya menjadi amanah yang diberikan Kepala OJK kRS 5 Sumbagut, Bapak Lukdir Gultom. OJK percaya, salah satu program dengan Menko Perekonomian adalah KUR Klaster akan terus dipacu realisasinya," ungkapnya.

Melalui program ini, penyaluran KUR akan diarahkan pada pembiayaan Berbasis klaster yang dilengkapi dengan program pendamping usaha dan pemasaran produk, baik perusahan BUMN, BUMDes/BUMADes maupun swasta,” tegasnya.

Peresmian kantor yang baru tersebut juga dihadiri Dewan Komisioner OJK RI, Wimboh Santoso, Gubernur Tengku Erry Nuradi, Wakil Walikota Akhyar Nasution, perwakilan BI Sumut, pimpinan perbankan, instansi pemerintah lainnya serta stakeholder maupun para pengusaha. [P4]



Komentar Anda

Berita Terkini